VIDEO: Anjing Liar Mangsa Ternak Warga di Tambakboyo Tuban

VIDEO: Anjing Liar Mangsa Ternak Warga di Tambakboyo Tuban

Belasan hewan ternak warga di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, ditemukan mati di dalam kandang. Bangkai kambing dan domba yang ditemukan, meninggalkan luka gigitan pada leher dan luka lebar di perutnya. Warga menduga kematian hewan ternak itu, akibat serangan kawanan anjing liar pada tengah malam.

Maraknya teror anjing liar membuat warga peternak hewan meningkatkan kewaspadaan, dengan membuat pagar kandang lebih tinggi, memasang jebakan, dan menjaga pada malam hari. Berikut diberitakan pada Liputan6, (20/1/2021).

Belasan ekor kambing mati yang ditemukan dalam kandang ini adalah milik Amu, warga Desa Klutuk, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban. Bangkai hewan ternak ini bergelimpangan di tanah dengan luka gigitan pada leher, juga luka lebar di perutnya.

Dari 18 ekor kambing yang dipelihara Amu, 13 di antaranya mati dan langsung dikuburkan di dekat kandang. Sementara lima ekor lainnya selamat, namun mengalami luka bekas gigitan pada kaki dan perutnya. Hewan-hewan ini mati diduga diserang kawanan anjing liar. Setahun terakhir kandang kakek Amu dua kali didatangi kawanan anjing liar, sebelumnya empat ekor kambing mati dimangsa.

"Kejadiannya ya terus tergeletak begitu saja, yang meninggal 13 dari 18, tinggal 5 ekor yang masih hidup, luka-luka semua," terang Amu, Peternak Kambing.

Teror anjing liar terjadi beberapa tahun terakhir, setiap masuk musim penghujan, atau musim tanam. Kawanan hewan ini memangsa puluhan kambing dan domba warga di tiga desa, yakni Desa Klutuk, Desa Cokrowati, dan Desa Dasin. Namun warga tidak berhasil menangkap anjing liar.

"Dipasangi pakai racun, ada juga yang membawa senapan, anjingnya liar, ada yang bilang delapan, saya tahu yang di sini itu lima ekor dan belum ada yang tertangkap," kata Ratno, Peternak Kambing.

Maraknya teror anjing liar membuat warga peternak kambing, maupun domba meningkatkan kewaspadaan, dengan membuat pagar kandang lebih tinggi, memasang jebakan, dan menjaga pada malam hari.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 22 January 2021, 10:10 WIB

Video Terkait

Spotlights