Sukses

Kebagian 5.280 Dosis, Vaksinasi Covid-19 di Tulungagung Dimulai Awal Februari

Liputan6.com, Surabaya - Kabupaten Tulungagung dipastikan menerima 5.280 dosis vaksin Covid-19 dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

"Sesuai jadwal, hari ini vaksin datang," kata Kepala Dinas Kesehatan Tulungagung Kasil Rohmat dikutip dari Antara, Tulungagung, Jumat (22/1/2021).

Pasokan vaksin tersebut akan disimpan di ruangan khusus sebelum digunakan untuk vaksinasi. Dinas Kesehatan Tulungagung menyiapkan lima ruang berpendingin yang mampu menampung sekitar 10 ribu vial vaksin untuk menyimpan vaksin Covid-19.

Kabupaten Tulungagung berencana melaksanakan vaksinasi Covid-19 mulai awal Februari 2021. Pada tahap pertama, vaksinasi akan dilakukan pada 2.640 petugas di bidang kesehatan, termasuk dokter, perawat, bidan, petugas kebersihan, dan petugas keamanan yang bekerja di fasilitas kesehatan.

"Jadi, bahasanya bukan nakes (tenaga kesehatan) ya. Dalam Permenkes (Peraturan Menteri Kesehatan), nakes itu hanya sebatas dokter, perawat, dan bidan," kata Kasil.

Vaksinasi akan dilaksanakan di 40 fasilitas kesehatan yang ditunjuk oleh pemerintah, meliputi RSUD dr. Iskak, 32 puskesmas, dan tujuh rumah sakit swasta.

2 dari 3 halaman

Latih Petugas Vaksin

Pemerintah Kabupaten Tulungagung telah melatih petugas vaksinasi dan melakukan simulasi vaksinasi.

"Setiap faskes (fasilitas kesehatan) mengirimkan personel untuk pelatihan dan simulasi. Prosesnya dimulai November 2020 sampai sekarang," katanya.

Ia menambahkan bahwa 140 petugas vaksinasi, 140 petugas pemeriksa, dan 187 petugas pelayanan sudah disiapkan untuk melaksanakan vaksinasi COVID-19. 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: