VIDEO: Hoaks Perwira TNI di Gresik Meninggal Usai Disuntik Vaksin COVID-19

VIDEO: Hoaks Perwira TNI di Gresik Meninggal Usai Disuntik Vaksin COVID-19

Berita hoaks yang menyebutkan Mayor Inf Sugeng Riyadi, Kasdim 0817 Gresik meninggal dunia, usai disuntik vaksin sinovac di Rumah Sakit Ibnu Sina, Gresik, beredar luas di dunia maya. Terutama grup aplikasi percakapan WhatsApp.

Namun jika lebih diteliti, ada yang berbeda antara foto dan tampilan yang ditulis dalam foto, ada gambar Mayor Gatot, Danramil Kebomas, Gresik, yang meninggal dunia karena serangan jantung, namun di tampilannya ditulis Mayor Inf Sugeng Riyadi yang wafat usai menjalani vaksinasi.

Kapendam V/Brawijaya Kolonel Arm Imam Hariyadi memastikan, Kasdim 0817 Gresik hingga saat ini dalam keadaan sehat, usai disuntik vaksin sinovac di Rumah Sakit Ibnu Sina, Jumat (15/1) lalu. Pihaknya menyesalkan kabar bohong itu di tengah upaya pemerintah, TNI dan Polri meyakinkan masyarakat agar tidak takut divaksin.

"Bahwa Mayor Gatot Supriyono ini juga belum pernah melaksanakan vaksinasi sinovac, jadi vaksinasi ini yang bersangkutan tidak mendapatkan, kemudian pada tanggal yang sama, Kasdim 0817 Gresik, atas nama Mayor Inf Sugeng Riyadi melaksanakan vaksinasi sinovac di RSUD Ibnu Sina, menggantikan Dandim yang pada saat itu, pada saat pengecekan karena tekanan darah cukup tinggi, sehingga dengan tensi tinggi tersebut tidak memenuhi kriteria untuk dilaksanakan vaksinasi, pada saat itu digantikan oleh Kasdim Gresik," tegas Kolonel Arm Imam Hariyadi, Kapendam V/Brawijaya.

Sementara polisi sudah membentuk tim khusus memburu pembuat kabar bohong atau hoaks tersebut. Berikut diberitakan pada Liputan6, (20/1/2021).

"Laporan dari Kodim, kami dari Polres langsung menindak lanjuti, dan kami memandang hal ini sangat serius, sehingga kami membentuk tim khusus untuk melakukan penyelidikan, jadi saat ini kami masih melakukan penyelidikan untuk menelusuri, pihak-pihak mana yang mengunggah pertama maupun menyebarluaskan, ini sekaligus saya berpesan kepada seluruh masyarakat Gresik, Jawa Timur, Indonesia pada umumnya untuk jangan mudah-mudah kita menyebarkan berita-berita yang belum tentu kebenarannya, karena jelas ada Undang-Undang ITE yang akan mengancam bagi penyebar berita-berita bohong," terang AKBP Arief Fitrianto, Kapolres Gresik.

Pencanangan program vaksinasi Covid-19 dilakukan di Gresik, Jumat (15/1) lalu. Ada 10 orang yang disuntik vaksin sinovac, di antaranya perwakilan Forkopimda, TNI, Polri, juga tokoh masyarakat, dan tenaga kesehatan.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 22 January 2021, 20:11 WIB

Video Terkait

Spotlights