VIDEO: Bakso Cingur, Salah Satu Kuliner Khas Jawa Timur

VIDEO: Bakso Cingur, Salah Satu Kuliner Khas Jawa Timur

Cingur atau bagian tulang rawan hidung sapi, menjadi makanan khas Jawa timur. Namanya rujak cingur, namun kali ini cingur disajikan dengan bakso, seperti di kedai bakso di Surabaya. Tak hanya mengundang rasa penasaran pecinta bakso berbagai menu yang ditawarkan menjadi buruan pecinta kuliner.

Bagi para pecinta kuliner, tentu tak asing dengan rujak cingur. Makanan khas Jawa Timur yang terkenal bahkan hingga ke manca negara. Namun kini, cingur atau bagian tulang rawan sapi, tak hanya disajikan bersama rujak, namun juga bakso. Seperti yang disajikan di kedai bakso Jalan Kupang Jaya, Surabaya.

Kuliner ini menyajikan bakso dengan daging kepala sapi yang telah diolah, dan disajikan kepada para pelanggan dengan berbagai varian menu, antara lain, bakso jeroan sapi, bakso iga pentung atau daging iga yang dibalut adonan pentol, pentol selimut yang berisi adonan pentol yang dibalut telur dadar serta daging cincang, juga aneka menu lain yang memanjakan lidah Anda. Berikut video pemberitaannya pada Liputan6, (22/1/2021).

Kedai bakso yang dibuka setahun lalu ini, tak pernah sepi pembeli. Menu bakso baru bercampur cingur dan jeroan sapi membuat penasaran pecinta kuliner di Kota Pahlawan ini. Ide pembuatan bakso cingur bermula dari kegemaran Arif Harmoko makan bakso. Suatu hari, istrinya membuat kreasi bakso bercampur cingur yang awalnya dikonsumsi sendiri. Tak dinyana, bakso olahan cingur sapi itu digemari pelanggannya.

"Idenya dari saya sama istri, kalau bakso biasa itu kan kurang menarik, jadi akhirnya ditambah lagi yang super lengkap, mulai kayak cingur, terus jeroan sapi itu, iga pentung itu ada jadi orang penasaran," kata Arif Harmoko, Pemilik Kedai.

Dalam sehari, kedai ini buka mulai pukul 11 siang hingga 8 malam. Satu porsi bakso dijual mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 55.000, tergantung menu yang dipilih. Di masa pandemi Covid-19, Arif juga melayani pembelian daring, sehingga pelanggan tak harus datang ke tempat. Bagaimana, Anda tertarik untuk mencoba bakso cingur ini ?

Ringkasan

Oleh Didi N pada 23 January 2021, 12:22 WIB

Video Terkait

Spotlights