Sukses

Kapal Tabrakan di Perairan Gresik, 8 ABK Hilang

Direktur Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Polda Jawa Timur, Kombes Pol Arnapi menjelaskan, kecelakaan itu terjadi sekira pukul 03.15 WIB.

Liputan6.com, Surabaya - Kecelakaan laut terjadi antara kapal motor (KM) Tanto Bersinar  dengan TB Mitra Jaya XIX di sekitar Karangjamuang, Perairan Gresik, Jawa Timur, pada Sabtu dini hari, 23 Januari 2021. Akibatnya, delapan anak buah kapal (ABK) TB Mitra Jaya XIX hilang dan masih dalam pencarian,

Direktur Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Polda Jawa Timur, Kombes Pol Arnapi menjelaskan, kecelakaan itu terjadi sekira pukul 03.15 WIB.

"(Kejadiannya) di sekitar Karangjamuang," ucapnya Sabtu.

Arnapi mengatakan, berangkat dari Pelabuhan Sungai Puting, Kalimantan Selatan, pada 11 Januari 2021, TB Mitra Jaya XIX BG/Tongkang Makmur Abadi 5 menuju Pelabuhan Gresik. TB Mitra Jaya XIX dinahkodai Syahrul (45 tahun) bersama delapan orang kru lainnya, sementara dua kru berada di Tongkang Makmur Abadi 5.

Saat melintas di perairan area Bouy 3 (RIK pengeboran lepas pantai WMO) pada Sabtu, 23 Januari 2021, sekira pukul 03.15 WIB, tiba-tiba muncul KM Tanto Bersinar yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, lalu menabrak bagian depan TB Mitra Jaya XIX.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hilang Kontak

Akibatnya, kapal TB Mitra Jaya hilang kontak bersama delapan awaknya, sementara Tongkang Makmur Abadi 5 mengalami kebocoran.

Arnapi mengatakan, tiga ABK berhasil diselamatkan oleh nelayan setempat dan sudah diamankan di Karang Jamuang. Sementara delapan orang yang berada di TB Mitra Jaya XIX masih hilang kontak.

"Sekarang ini kami, Polairud, bersama TNI AL dan Basarnas masih melakukan pencarian," ujar Arnapi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.