Sukses

Bangkai Kapal TB Mitra Jaya XIX Korban Tabrakan di Perairan Gresik Ditemukan

Liputan6.com, Surabaya - Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya, I Wayan Suyatna mengungkapkan bahwa KN SAR Antasena telah menemukan bangkai kapal TB Mitra Jaya XIX yang terlibat dalam kecelakaan laut di perairan Gresik.

"Pada pukul 15.40 WIB, KN SAR Antasena menemukan bangkai kapal TB Mitra Jaya XIX yang terbalik 6° 50' 30.00" S hingga 112° 53' 54.00" E atau kurang lebih 5.60 NM dari LKK," ujarnya, Sabtu (23/1/2021).

Dia mengatakan, berdasarkan koordinasi dengan petugas di KN SAR Antasena, pihaknya kini masih mencari lima Anak Buah Kapal (ABK) yang menjadi korban kecelakaan kapal tersebut.

"Pencarian korban masih dilakukan sampai saat ini. Masih ada lima orang yang belum ketemu," ucapnya.

Sebelumnya, Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya memberangkatkan KN SAR Antasena menuju perairan Karang Jamuang pada Sabtu (23/1/2021) siang, untuk melakukan pencarian ABK Tug Boat Mitra Jaya XIX. 

TB Mitra Jaya XIX yang sedang tunda TK Makmur Abadi V diduga terbalik karena tertabrak oleh KM Tanto Bersinar di area pengeboran buoy 03 Karang Jamuang. 

Dengan berkoordinasi dengan agen kapal, VTS dan SROP Surabaya, tim siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya memastikan jumlah POB (Person on Board) dalam TB Mitra Jaya XIX dan TK Makmur Abadi V. 

“Kami mendapatkan informasi POB pada TB Mitra Jaya XIX adalah delapan orang sedangkan TK Makmur Abadi V dua orang” jelas I Wayan Suyatna selaku Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Korban Selamat Ditemukan

Setelah KN SAR Antasena sampai di lokasi kejadian dengan titik koordinat 06°49’59.9”S 112°48’13.2”E, Yudhi Setiawan selaku nahkoda KN SAR Antasena mengkonfirmasi bahwa TK Makmur Abadi telah di Tarik oleh TB Mitra JAYA XVII dengan dua orang POB dalam keadaan selamat. 

Sedangkan dua orang POB TB Mitra Jaya XIX dalam keadaan selamat telah dievakuasi oleh MV Srikandi dan satu orang POB dievakuasi oleh kapal nelayan yang melintas dalam keadaan selamat. 

“Tiga korban selamat telah dibawa ke Kantor Syahbandar Gresik oleh KN 365 milik KPLP Gresik dan hingga saat ini kami masih melakukan pencarian lima orang POB TB Mitra Jaya XIX yang lain,” tutur Yudhi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.