VIDEO: 57 Anggota Polresta Sidoarjo Diambil Sampel Darah untuk Donor Plasma Konvalesen

VIDEO: 57 Anggota Polresta Sidoarjo Diambil Sampel Darah untuk Donor Plasma Konvalesen

Sebanyak 57 anggota Polresta Sidoarjo yang sudah dinyatakan sembuh dari virus Covid-19, Kamis (21/1) pagi diambil sampel darahnya oleh PMI Kabupaten Sidoarjo, untuk diskrining atau pemeriksaan medis pengambilan sampel darah, mantan pasien Covid-19 ini bisa dimanfaatkan untuk donor plasma konvalesen bagi pasien Covid-19 stadium berat.

Pemeriksaan sampel darah bagi 57 anggota Polresta Sidoarjo, yang sembuh dari Covid-19 dilakukan petugas Palang Merah Indonesia, Sidoarjo. Sebelum diambil sampel darahnya, diperiksa riwayat penyakit yang pernah diderita, selain positif Covid-19. Setelah itu, petugas akan memilih mantan pasien Covid-19 yang layak untuk donor darah plasma konvalesen.

Plasma konvalesen sangat dibutuhkan oleh PMI Kabupaten Sidoarjo, karena permintaan plasma darah konvalesen sangat banyak. Saat ini stok darah yang layak untuk didonorkan kepada pasien Covid-19 telah habis. Sedangkan ada sekitar 250 pasien Covid-19 yang mengantre donor darah plasma konvalesen.

Sementara Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Sumardji sangat mengapresiasi anggotanya yang mau menyumbangkan darah plasma konvalesen, demi kebutuhan masyarakat yang kini masih terpapar Covid-19. Berikut dilansir pada Liputan6, (22/1/2021).

"Skrining untuk proses donor darah konvalesen, dari beberapa anggota yang sudah terpapar dan sudah dinyatakan sembuh dari covid, maka hari ini, yang sudah terskrining itu ada 57 orang, dari 57 orang ini nanti akan dilihat lagi yang memenuhi syarat, untuk dilakukan donor plasma konvalesen itu nanti akan segera dikirim ke PMI untuk segera melakukan donor plasma," terang Kombes Pol Sumardji, Kapolresta Sidoarjo.

Manfaat plasma darah konvalesen menjadi harapan pasien Covid-19, di dunia selama ini memang belum ada obat yang terbukti aman dan efektif untuk mengobati Covid-19. Namun, para peneliti telah membuktikan penggunaan plasma konvalesen bisa mengobati pasien Covid-19.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 24 January 2021, 22:33 WIB

Video Terkait

Spotlights