Sukses

'Pulang Kampung' ke Trenggalek, Emil Tinjau Asrama BKD yang Jadi Lokasi Isolasi Mandiri Covid-19

Emil menyatakan, di Trenggalek ada 370 lebih pasien Covid-19 yang isolasi mandiri,

Liputan6.com, Surabaya - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestiano Dardak melakukan kunjungan ke 'kampung halaman' Trenggalek. Di sela kunjungan mantan Bupati Trenggalek tersebut mengunjungi asrama Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Trenggalek yang dikonversi menjadi asrama untuk isolasi pasien Covid-19 yang tanpa gejala (OTG) atau bergejala sangat ringan.

"Melalui teras kami saling bersapa dan mereka semua terlihat bersemangat, optimis, dan mengisi hari-harinya dengan berolah raga dibawah sinar matahari, konsumsi nutrisi, serta saling menyemangati satu sama lain," ujar Emil Dardak dikutip dari Akun Instagramnya, Senin (25/1/2021).

Emil menyatakan, di Trenggalek ada 370 lebih pasien Covid-19 yang isolasi mandiri, dan ada risiko ketertiban isolasi untuk mencegah penyebaran maupun optimal tidaknya upaya penyembuhan bagi pasien itu sendiri.

"Salah satu rekomendasi dari rembug bersama Forkopimda, pakar medis dan tokoh masyarakat kemarin adalah mengutamakan fasilitas isolasi untuk pasien Covid-19 dengan tingkat CT tes PCR yang rendah, karena lebih berpotensi menular dan perlu upaya intensif untuk lebih cepat sembuh," ujarnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Zona Merah

Isolasi mandiri, kata dia, hanya untuk CT yang tinggi. Isolasi mandiri akan tetap dipantau dua petugas kesehatan di masing-masing desa dan juga ada usulan dari Polres untuk memasang penanda di rumah yang dijadikan lokasi isolasi mandiri.

"Kejadian zona merah kini banyak muncul di wilayah Mataraman, maka hasil diskusi dari Trenggalek akan kami sampaikan ke satgas provinsi untuk menjadi pertimbangan dalam merancang strategi daerah lainnya," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.