VIDEO: Tabrakan Kapal di Karang Jamuang, 5 Orang Hilang

VIDEO: Tabrakan Kapal di Karang Jamuang, 5 Orang Hilang

Disebabkan gelombang tinggi dan angin kencang, tabrakan antara KM Tanto Bersinar dan TB Mitra Jaya 19 yang menarik tongkang Makmur Abadi 5 tak dapat terelakan. Kecelakaan yang terjadi pada Sabtu dini hari (23/1) bermula saat TB Mitra Jaya 19, berlayar dari Kalimantan Selatan menuju Gresik, Jawa Timur.

Namun tiba-tiba kapal tersebut ditabrak KM Tanto Bersinar, yang bermuatan kontainer. Sehingga kapal TB Mitra Jaya mengalami robek lambung kiri dan tenggelam. Akibatnya delapan ABK TB Mitra Jaya tenggelam, tiga orang berhasil diselamatkan oleh nelayan, dan lima orang lainnya masih dinyatakan hilang. Hingga kini Tim SAR gabungan masih mencari keberadaan lima ABK yang hilang.

Akibat gelombang tinggi dan angin kencang, tabrakan antara KM Tanto Bersinar dan TB Mitra Jaya 19 yang menarik Kapal Tongkang Makmur Abadi 5 tak dapat terelakan. Kecelakaan kapal ini terjadi sekitar jam 3 dini hari.

Tabrakan bermula saat TB Mitra Jaya 19 yang menarik tongkang Abadi 5 bermuatan minyak sawit mentah, berlayar dari Kalimantan Selatan, menuju Gresik, Jawa Timur. Namun saat melintas di sekitar Karang Jamuang tiba tiba kapal tunda Mitra Jaya yang ditabrak KM Tanto Bersinar yang mengangkut kontainer. Tabrakan itu membuat kapal tunda TB Mitra Jaya mengalami robek lambung kiri dan tenggelam. Akibat kecelakaan laut ini, delapan ABK TB Mitra Jaya tenggelam, tiga orang berhasil diselamatkan oleh nelayan, sementara lima ABK lainnya masih dinyatakan hilang.

"Untuk tug boat dalam kondisi miring dan juga untuk tongkangnya dalam kondisi kebocoran, sehingga sekarang masih dalam penyelamatan, kemudian, untuk kru daripada tug boat itu sendiri ada delapan orang, dimana tiga bisa kita selamatkan, yang lima masih dalam pencarian," terang Kombes Pol Arnapi, Dirpolairud Polda Jatim.

Sementara itu ketiga anak buah kapal tug boat Mitra Jaya yang berhasil diselamatkan oleh nelayan, langsung dibawa menepi ke Pulau Karang Jamuang. Ketiga anak buah kapal ini masing-masing bernama Syahrul, Larusman dan La Ode Ahmad. Hingga kini Tim SAR gabungan masih terus mencari keberadaan lima ABK kapal tunda Mitra Jaya 19 yang dinyatakan hilang. Demikian pemberitaannya pada Liputan6, (24/1/2021).

Ringkasan

Oleh Didi N pada 25 January 2021, 13:11 WIB

Video Terkait

Spotlights