Sukses

Jalan Tol Surabaya-Gempol Longsor Karena Retakan Tanah

Dwi menambahkan, pada malamnya harinya pihak terkait berencana melakukan perbaikan pada retakan itu.

Liputan6.com, Surabaya - Jalan tol Surabaya-Gempol di KM06+200 arah Gempol ambles, Rabu (27/1/2021).

Kasat PJR Polda Jatim, AKBP Dwi Sum Rahardi menjelaskan, amblesnya beberapa ruas jalan tol tersebut bermula dari retakan atau penurunan tanah. Dwi menjelaskan hal tersebut diketahui pihaknya dan pihak Jasamarga pada Senin 25 Januari kemarin.

"Hari Senin kemarin, sorenya itu retakan mengakibatkan kemacetan, sebab dari tiga lajur kami lakukan rekayasa lalin menjadi satu lajur," ujarnya.

Dwi menambahkan, pada malamnya harinya pihak terkait berencana melakukan perbaikan pada retakan itu. Namun, hal itu gagal dilakukan lantaran retakan yang semula hanya beberapa meter semakin memanjang. Hal tersrbut diperparah dengan kondisi cuaca hujan saat sore hingga dinihari.

"Tapi, kenyataannya retakan semakin memanjang. Sehingga, kami putuskan untuk membuat lajur satu dan dua ini kita tutup, kemudian Selasa sore kemarin terjadi hujan yang panjang dan lebat," ucapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hujan Lebat

Akibat kondisi cuaca hujan terus menerus itu, kondisi jalanan yang retak semakin parah dan ambles. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

"Hujan lebat mengakibatkan tanah ini ambles, sehingga satu lajur yang tentunya cukup retak sepanjang 30 meter menjadi ambles," ujar Dwi.

Selanjutnya, pihak Sat PJR Polda Jatim dan Jasamarga melakukan peralihan arus atau rekayasa arus lalin. "Kami lakukan rekayasa penutupan satu lajur," ucap Dwi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.