Sukses

8 Oleh-Oleh Khas Surabaya Kekinian yang Terkenal dan Wajib Dibawa Pulang

Oleh-oleh khas Surabaya tentunya wajib kamu bawa pulang setelah berlibur di sana.

Liputan6.com, Jakarta Oleh-oleh khas Surabaya tentunya wajib kamu bawa pulang setelah berlibur di sana. Menetap lama atau bahkan hanya sebentar di kota Pahlawan ini tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi atau membelikan oleh-oleh untuk orang terdekat di kota asal.

Ada berbagai macam oleh-oleh khas Surabaya yang bisa kamu bawakan untuk sanak saudara di rumah. Mulai dari makanan khas Surabaya yang unik hingga cendera mata untuk dijadikan buah tangan.

Oleh-oleh khas Surabaya bisa kamu dapatkan di berbagai toko oleh-oleh. Beraneka ragam produk dengan harga murah dan kualitas tinggi bisa kamu dapatkan. Hal ini tentunya bisa menjadi pengingat perjalanan liburanmu di Surabaya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (27/1/2021) tentang oleh-oleh khas Surabaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Spikoe Resep Kuno dan Suoklat Suroboyo

Spikoe Resep Kuno

Oleh-oleh khas Surabaya yang wajib dibawa pulang pertama adalah Spikoe Resep Kuno. Spikoe atau Spiku merupakan kue lapis khas Eropa yang berdasarkan resep peninggalan zaman Belanda. Kue ini telah disesuaikan dengan bahan yang ada di Indonesia saat itu. Hal inilah yang membuat rasanya menjadi makin enak dan unik, lembut dan manis seperti kue bolu.

Kue lapis khas Surabaya ini dibuat dengan resep tradisional, tapi semua bahan dan peralatan sudah modern. Kamu bisa memilih rasa original, memakai kismis, buah prem kering, dan lain-lain.

Suoklat Suroboyo

Suoklat ini kemasannya cukup unik karena terbuat dari kulit jagung, serbuk bambu, dan eceng gondok. Produk awalnya adalah cokelat yang berisi kurma atau kacang mete. Kemudian Souklat menambahkan banyak produk baru seperti Dark Kurma Mete, Dark Cocholate Cookies Mete, Cokelat Jahe, dll. Ada banyak pilihan cokelat lezat yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

 

3 dari 5 halaman

Almond Crispy Cheese dan Siropen Telasih

Almond Crispy Cheese

Oleh-oleh khas Surabaya kekinian satu ini tak kalah terkenal dengan yang lainnya. Camilan dengan citarasa keju yang sangat menggugah selera ini hits banget di Surabaya dan telah menjadi salah satu oleh-oleh wajib. Biskuitnya sangat tipis dan crunchy, terbuat dari telur, gula, tepung, dan susu bubuk.

Kamu bisa memilih berbagai rasa, seperti original yang berwarna kuning, green tea berwarna hijau, dan cokelat dengan warna coklat. Kamu juga bisa memilih rasa strawberry, blueberry, hingga durian. Taburan topping gurih kacang almond dan parutan keju membuat kamu bakalan ketagihan.

Siropen Telasih

Siropen Telasih merupakan oleh-oleh khas Surabaya yang sangat terkenal. Bahkan, merupakan salah satu produsen sirup tertua di Indonesia dan masih beroperasi sampai sekarang. Siropen Telasih didirikan oleh JC van Drongelen, seorang warga Belanda pada tahun 1923.

Mengonsumsi sirup tentunya pas banget untuk mendapatkan kesegaran di tengah panasnya Surabaya. Kamu bisa memilih berbagai rasa sirup yang diinginkan, seperti frambozen, mawar, vanilla, cocopandan, jeruk, arbei, melon, dan leci.

 

4 dari 5 halaman

Kaos Cak Cuk dan GunaGuna Snack

Kaos Cak Cuk

Selain makanan, oleh-oleh khas Surabaya juga ada yang berbentuk baju kaus, yaitu di Koas Cak Cuk Surabaya. Cak adalah panggilan untuk lelaki yang lebih tua sementara Cuk adalah kata ikonik yang sangat populer di Surabaya. Setiap desain kaos Cak Cuk selalu menggelitik dan tak jarang terdengar kasar bagi orang yang tidak familiar dengan bahasa Suroboyoan. Sekarang, Cak Cuk sudah memiliki banyak gerai di Surabaya.

GunaGuna Snack

GunaGuna Snack merupakan salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang cukup terkenal. Di sini, ada berbagai pilihan camilan manis dan gurih yang bakalan memanjakan lidah kamu. Kamu bisa beli Macaroni Schotel berbagai rasa dan ukuran, Blackpepper Chicken Puff, Almond Crispy Cookies, Schuimpjes, Basreng, dan Samosa.

Kamu bisa mengunjungi GunaGuna Snack di alamat Perum Darmo Sentosa Raya, Jl Jajartunggal Utara VII J-19 kav 308, Jajar Tunggal, Kecamatan Wiyung, Surabaya.

 

5 dari 5 halaman

Kerupuk Ikan Kenjeran dan Bandeng Asap

Kerupuk Ikan Kenjeran

Oleh-oleh khas Surabaya selanjutnya merupakan hasil laut yang juga perlu kamu cicipi, yaitu Kerupuk Ikan Kenjeran. Warga sekitar Pantai Kenjeran memiliki keahlian mengolah hasil laut menjadi kerupuk yang gurih dan nikmat. Bukan cuma ikan, kamu juga bisa menemukan kerupuk cumi, udang, kerang, dan bahkan kerupuk rumput laut. Di Kenjeran, kamu bisa membeli kerupuk mentah atau yang sudah digoreng dan siap masak.

Bandeng Asap

Pengasapan adalah salah satu cara mengawetkan ikan, biasanya dilakukan setelah ikan dibersihkan secara menyeluruh. Salah satu olahan bandeng paling populer adalah bandeng asap yang dijual di Surabaya dan Sidoarjo.

Bandeng asap pun aman untuk langsung dimakan, biasanya dengan dicocol ke sambal kecap atau sambal petis. Bandeng asap ini cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh karena selain lezat, juga cukup tahan lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini