Sukses

VIDEO : Lukisan Ukir Artistik di Atas Bambu Hitam

Liputan6.com, Jakarta Bambu yang biasanya hanya dijadikan bahan peralatan rumah tangga dan kerajinan interior. Namun di Lumajang, Jawa Timur, pohon bambu, khususnya bambu hitam bisa dijadikan karya seni lukisan timbul yang artistik. Yakni seperti, lukisan tokoh nasional, kaligrafi, dan vas bunga.

Di tangan Risko Agus Purwanto, warga Desa Penanggal, Lumajang, inilah karya lukis bambu dibuat. Sebuah karya yang dibuat dari bahan bambu hitam ini, lantaran bambu memiliki ketebalan dan warna permukaannya yang hitam, menjadi daya tarik dan keindahan tersendiri.

Tak heran, lukisan ukir bambu tekstur timbul ini, menarik perhatian penggemar lukisan, dari berbagai wilayah seperti di pulau Jawa, Sumatera, hingga Kalimantan. Dan untuk harganya sendiri bervariasi, yakni mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 170 ribu, tergantung ukuran, dan tingkat kerumitannya. Berikut kita simak videonya pada Liputan6, (26/1/2021).

Adalah Risko Agus Purwanto (23), warga Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Lumajang, sehari-hari membuat karya lukis bambu di rumahnya. Pemuda lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ini, membuat lukisan dari bambu hitam, karena jenis bambu ini tebal dan warna permukaannya yang hitam, menghasilkan karya lukis yang menarik dan indah.

Cara membuatnya, bambu dipotong, lalu dibuat pola sketsa selanjutnya diukir manual. Di sinilah dibutuhkan kesabaran, dan ketelitian. Selesai dipahat, bambu dibelah menjadi beberapa bagian, dan ditempelkan pada kayu lapis menggunakan lem.

Terakhir dicat vernis agar terlihat mengkilat. Untuk membuat satu lukisan ukir bambu, dibutuhkan waktu kira-kira 3 hingga 5 jam. Beragam lukisan bambu, hasil karyanya di antaranya lukisan tokoh nasional, kaligrafi, dan vas bunga.

“Ide awal, saya memanfaatkan bambu yang ada di belakang rumah saya yang melimpah sekali, terutama bambu hitam, saya berinisiatif bagaimana caranya membuat karya seni yang terbuat dari bambu, yang bisa dijual, seperi yang ada di belakang saya,”tutur Risko Agus Purwanto, Pembuat Lukisan Ukir Bambu.

Selain artistik dan ramah lingkungan, lukisan ukir bambu tekstur timbul ini, menarik perhatian penggemar lukisan dari berbagai wilayah, seperti di Pulau Jawa, Sumatera, hingga Kalimantan. Untuk pemasarannya, Risko menjual lukisan bambu ini melalui media sosial. Harga satu lukisan dijual mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 170 ribu, tergantung ukuran dan tingkat kerumitan.