Sukses

Museum yang Bisa Dijelajahi di Surabaya Virtual Tour, Gratis Penuh Edukasi

Liputan6.com, Jakarta Menghindari kerumunan, membatasi mobilisasi dan interaksi merupakan langkah penting selama pandemi Covid-19. Pembatasan ini membuat banyak tempat hiburan dan wisata harus menutup aksesnya. Namun, pandemi juga tak serta menghambat seseorang untuk mendapat hiburan. 

Kini banyak cara untuk bisa tetap menjelajah suatu tempat, salah satunya dengan tur virtual. Di Surabaya, kamu bisa menikmati pengalaman tur virtual di museum-museum bersejarah. Dengan tur virtual ini kamu bisa menjelajah museum tanpa harus keluar rumah.

Dengan modal smartphone atau laptop dengan sambungan internet, kamu bisa menambah pengetahuan sekaligus berlibur secara virtual. Fitur tur virtual ini bisa kamu akses gratis kapanpun dan di manapun.

Berikut informasi tentang tur virtual museum di Surabaya, yang berhasil dirangkum Liputan6.com, Jumat(29/1/2021).

2 dari 4 halaman

Surabaya Virtual Tour

Surabaya Virtual Tour adalah fitur tur virtual yang dikelola oleh Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Surabaya. Layanan ini sudah mulai diperkenalkan pada akhir tahun 2020 lalu. Surabaya Virtual Tour dikemas dalam virtual tour dengan pandangan 360°.

Dengan virtual tour ini masyarakat tetap bisa berwisata ke museum dari mana saja dan kapan saja. Surabaya Virtual Tour mengajakmu untuk menjelajah museum tanpa batas waktu dan gratis. Di sini kamu bisa mendapat informasi lengkap tentang museum dan mengetahui secara detail tentang koleksi yang dimiliki museum tersebut.

Surabaya Virtual Tour bisa diakses di laman virtualtourism.surabaya.go.id. Tur dan presentasi ini telah diuji dan bisa berfungsi di semua perangkat umum, browser, dan sistem operasi baik Apple maupun Android. Kamu juga bisa menggunakan fitur VR (Virtual Reality) untuk bisa menjelajah museum.

Saat ini ada dua museum yang siap untuk dijelajah, Museum 10 Nopember dan Museum Pendidikan. Selanjutnya, Surabaya Virtual Tour juga akan menambahkan Museum Surabaya ke dalam turnya.

3 dari 4 halaman

Museum 10 Nopember

Museum 10 Nopember merupakan museum di Surabaya yang dibangun untuk mengenang pertempuran Sepuluh November 1945. Museum ini berada di dalam kompleks Tugu Pahlawan yang merupakan monumen ikonik Kota Surabaya.

Museum ini memiliki bentuk arsitektur yang sangat menarik. Berdasarkan tinggi, ruas dan setiap garisnya mengandung makna yaitu 10, 11 dan 1945 yang merupakan Hari Pahlawan. Museum 10 Nopember memamerkan berbagai riwayat dan artefak terkait Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Bangunan museum terdiri dari dua lantai; terbagi ke dalam beberapa zona yang meriwayatkan tiap-tiap babakan pertempuran secara kronologis, dengan tiga ruangan diorama audio visual dan satu zona film hologram yang membahas sejarah pembangunan Monumen Tugu Pahlawan.

Dalam Surabaya Virtual Tour, kamu bisa menjelajah secara detail museum ini. Kamu bahkan bisa mulai menjelajah dari luar museum hingga ruangan-ruangan koleksi.

4 dari 4 halaman

Museum Pendidikan

Museum yang tak kalah terkenal di Surabaya adalah Museum Pendidikan. Museum Pendidikan Surabaya berlokasi di Jl. Genteng Kali No. 10, Surabaya. Museum ini baru diresmikan oleh Tri Rismaharini pada 25 November 2019 sembari memperingati Hari Guru Nasional. Museum Pendidikan Surabaya didirikan di gedung bekas Taman Siswa Surabaya.

Museum Pendidikan Surabaya menyajikan perjalanan perkembangan pendidikan di Indonesia mulai dari masa pra-aksara, masa kerajaan, masa kolonial, hingga masa pasca kemerdekaan. Terdapat pula diorama ruang kelas dimana pengunjung bisa merasakan suasana nostalgia berada di dalam ruang kelas di tahun 1950-an.

Mengutip instagram @surabayasparkling, jumlah koleksi Museum Pendidikan Surabaya 860 buah yang terdiri dari berbagai jenis koleksi antara lain historika, filologika, heraldika, etnografikia, keramologika, dan technologika.

Alur museum diatur berdasarkan konsep storyline periodesasi masa dinamika pendidikan di Indonesia dengan mengkomunikasikan koleksi dalam konteks museologi. Alur museum terbagi menjadi masa pra-aksara, masa klasik, masa kolonial dan masa kemerdekaan. Dari Surabaya Virtual Tour, kamu bisa menjelajah museum sesuai alur yang telah ditentukan.