Sukses

Aktivitas Meningkat, 30 Kali Letusan Terdengar dari Gunung Raung

Kurang lebih dalam waktu 4 jam sejak waktu subuh, suara gemuruh disertai dentuman terdengar sangat jelas.

Liputan6.com, Surabaya - Aktivitas Gunung Raung di Banyuwangi, meningkat pada Selasa (2/2/2021). Terdengar suara gemuruh terus-menerus disertai letusan erupsi. Terdengar jelas dari Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, letusan terdengar hingga 30 kali dalam kurun satu jam.

Kurang lebih dalam waktu 4 jam sejak waktu subuh, suara gemuruh disertai dentuman terdengar sangat jelas. Bahkan, kepulan asap dipuncak Gunung Raung terpantau berwarna merah memantulkan cahaya lava pijar.

"Sejak subuh suara gemuruh terus terdengar. Ada juga suara seperti ledakan yang juga terdengar. Juga ada asap kelabu yang keluar, mungkin itu abu vulkanik," kata warga Desa Jambewangi, Fitria Kusmarheni seperti dikutip TimeIndonesia, Selasa (2/2/2021).

Kepala Pos PPGA Raung Mukijo menyatakan, Gunung Raung melontarkan abu vulkanik setinggi 300 hingga 500 meter kearah Timur. Dari pantauan seismograf, terjadi tremor secar berkelanjutan dengan amplitudo 2 hingga 13 mm (dominan pada 5 mm).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Perubahan Suhu

"Sejak dini hari aktivitas Raung meningkat. Ada letusan serta tremor secara terus-menerus. Jika langit gelap nampak jelas ada pantulan warna merah di puncaknya. Untuk titik aman di antara jarak 2 kilometer," kata Mukijo.

Dikatakan Mukijo, sejauh ini tidak ada perubahan suhu di desa sekitaran lereng gunung Raung. Suhu paling dingin masih di angka 21 hingga 18 derajat Celcius.

"Suhunya masih seperti biasanya. Tidak ada perubahan yang ekstrim. Cuman ada tremor terus menerus dalam erupsi skala kecil. Abu vulkanik Gunung Raung tipis tersembur dengan dominan kearah timur," kata Mukijo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.