Sukses

Renovasi Warung, Warga di Banyuwangi Temukan Ribuan Keping Koin Kuno

Benda seberat kurang lebih 36,5 kilogram itu ditemukan tak sengaja. Koin itu sempat diduga batu, namun saat digali lebih dalam ternyata ada koin kuno yang jumlahnya diperkirakan mencapai ribuan.

Liputan6.com, Surabaya - Pekerja bangunan yang merenovasi pembangunan areal parkir Warung KemarangDusun Wonosari, Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, menemukan ribuan keping koin kuno pada Selasa 2 Februari 2021.

Benda seberat kurang lebih 36,5 kilogram itu ditemukan tak sengaja. Koin kuno itu sempat diduga batu, namun saat digali lebih dalam ternyata ada koin kuno yang jumlahnya diperkirakan mencapai ribuan.

"Saat itu beberapa bagian tanah sekitar satu meter diturunkan sehingga jalannya datar agar perkirannya mudah. Ketika melakukan penggalian tukang gali menemukan uang logam lama," ujar Pemilik Warung Kemarang, Wowok Meriyanto, seperti dikutip dari Antara, Kamis (4/2/2021).

Pihaknya langsung menghubungi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi. Kata Wowok, ada dua tahap penemuan koin kuno. Pertama ditemukan oleh para pekerja yang masih dalam bentuk bongkahan seberat 35 kilogram.

"Kemudian setelah Tim Ahli Purbakala datang ke sini dan membawa alat metal detector yang bisa melihat sekitarnya. Akhirnya ditemukan kembali, namun tidak banyak. Total sekitar Total 36,5 kilogram saat ditimbang," ungkap Wowok.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Dijual

Dia melanjutkan, koin-koin yang ditemukan bentuknya tipis dan berlubang di bagian tengah. Kini uang gobog tersebut masih diamankan. Pihaknya berencana akan menjadikan koin itu histori Warung Kemarang.

"Tetapi seandainya dari dinas pariwisata atau pemerintah ingin membuat museum koin kuno, kalau memang itu dari pemerintah akan kami berikan. Yang jelas kami tidak akan menjual kepada siapapun yang mau membeli," tandas Wowok. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.