Sukses

Marsda TNI Henri Alfiandi, Kepala Basarnas Baru Kebanggaan Warga Maospati Magetan

Henri menggantikan Marsekal Madya TNI (Pur) Bagus Puruhito yang sudah purna tugas.

Liputan6.com, Surabaya - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi resmi melantik Marsekal Muda (Marsda) TNI Henri Alfiandi sebagai Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Kamis (4/2/2021).

Alumni Akademi Angkatan Udara Tahun 1988 tersebut menggantikan Marsekal Madya TNI (Pur) Bagus Puruhito yang sudah purna tugas. Marsda TNI Henri Alfiandi sebelumnya menjabat sebagai Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Udara (Asop KSAU).

"Semoga, amanah dan tanggung jawab yang dipercayakan kepada Saudara dapat Saudara laksanakan dengan sebaik-baiknya," ujar Menhub Budi, Kamis (4/2/2021).

Menhub Budi juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Kabasarnas purna atas dedikasi dan kerja kerasnya selama menjabat Kabasarnas.

"Secara formal administratif, saudara memang sudah purna tugas. Namun, secara moral, kita semua masih berharap Saudara dapat memberikan kontribusi positif dan kontruktif untuk negara. Pengetahuan dan pengalaman Saudara adalah ilmu dan suri tauladan bagi anak-anak bangsa, para generasi muda, dan generasi penerus negeri yang kita cintai ini," ungkapnya.

Menhub Budi menegaskan bahwa dinamika pergantian pimpinan merupakan hal yang biasa terjadi di dalam sebuah instansi. Semua itu berkaitan dengan karier, masa bhakti, kaderisasi, regenerasi, dan tentunya penyegaran di dalam tubuh organisasi.

"Kita semua mendoakan, sekaligus memberikan support kepada Kabasarnas baru dalam menghadapi tantangan di masa yang akan datang. Semoga, Basarnas tetap dapat memberikan jaminan keselamatan dan rasa aman bagi warga negara maupun warga negara asing yang sedang berada di wilayah NKRI," ucapnya.

Basarnas selama ini telah membuktikan kredibilitas dan mendapat kepercayaan yang begitu besar dari masyarakat luas, baik nasional maupun dunia internasional. Basarnas cepat bertindak dan tuntas dalam mengampu tugas yang identik dengan misi kemanusiaan itu. Tak heran jika selama ini, Basarnas begitu dicintai dan memiliki reputasi yang sangat baik di mata publik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Karir Militer

Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi lahir di Maospati, Magetan, Jawa Timur, 24 Juli 1965.

Henri, merupakan alumnus Akademi Angkatan Udara (AAU) 1988. Jabatan terakhir jenderal bintang tiga ini adalah Asops Kasau.

Berikut Kiprah Militernya:

- Pendidikan Militer AAU (1988)

- Sekkau (1997)

- Seskoau (2003)

- Lehrgang Generalstabs/Admiralstabsdienst Mit Internationaler Beteiligung (LGAI) Germany (2007)

- The Legion Of Merit (2012)

- Sesko TNI (2013)

- US Air War College (Lemhannas) (2015)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.