Sukses

Polrestabes Ajak Warga Surabaya Ramai-Ramai Donor Plasma Konvalesen

Polrestabes juga merangkul Pemkot Surabaya untuk bersama memerangi dan menekan angka kasus positif Virus Covid-19.

Liputan6.com, Surabaya - olrestabes Surabaya mengajak warga Surabaya untuk donor darah plasma konvalesen untuk membantu pasien Covid-19 yang membutuhkan.

"Karena kami adalah sebagian dari masyarakat, kami harus bisa berkontribusi sebagai relawan kemanusiaan. Hari ini, bersama Pemkot akan menggelar donor plasma konvalesen di Kantor Humas Pemkot," ucap Kepala Bagian Humas Polrestabes Surabaya Kompol M Akhyar, Kamis (4/2/2021).

Selain merangkul pihak petugas kesehatan, TNI, warga masyarakat, dan semua komunitas, Polrestabes juga merangkul Pemkot Surabaya untuk bersama memerangi dan menekan angka kasus positif Virus Covid-19.

"Kami berharap dengan kegiatan donor plasma konvalesen yang dilakukan secara massif, para penyintas virus covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh dapat berpartisipasi untuk mendonorkan plasma konvalesennya," ujar Akhyar.

Donor plasma konvalesen semacam ini sebelumnya juga digelar Perusahaan milik Pemerintah Pusat, Pemkot Surabaya, dan Pemprov Jatim (PT SIER atau Surabaya Industrial Estate Rungkut) di Surabaya, pada  Selasa 2 Februari kemarin.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Antusias

Direktur Operasi PT SIER, Didik Prasetiyono menjelaskan, acara Donor Darah dan Donor Plasma Konvalesen ini diadakan di dua lokasi, yaitu di halaman Wisma SIER yang terletak di Kawasan Industri Rungkut Surabaya dan di halaman Kantor PIER yang terletak di Kawasan Industri Rembang-Pasuruan. Acara ini mengusung tema Ayo Donor Plasma Konvalesen, Bersama Jadi Penolong.

"Antusiasme masyarakat melebihi perkiraan. Di SIER, dari perkiraan kuota 100 orang pendonor darah dan 50 pendonor plasma konvalesen, pada saat penutupan acara tercatat 120 orang pendonor darah dan 64 orang pendonor plasma konvalesen. Sedangkan di PIER, dari perkiraan kuota 50 orang pendonor darah, tercatat 61 orang pendonor darah yang hadir di lokasi," kata Didik. 

Menurut Didik, antusiasme ini sangat melegakan mengingat kebutuhan darah dan plasma begitu tinggi di era pandemi. Sesuai arahan Menteri BUMN, semua BUMN diminta untuk terlibat aktif dalam Pembentukan Satuan Tugas Bencana Nasional dan Daerah, yang mana salah satunya dengan menggalang penyelenggaraan Donor Plasma Konvalesen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.