Sukses

Kereta Medis Darurat Pertama di Kota Madiun, Ini Fungsinya

Kota Madiun merupakan daerah pertama yang bekerja sama dengan INKA untuk pengadaan kereta medis darurat.

Liputan6.com, Surabaya- Ada kereta medis darurat untuk ruang isolasi penanganan pasien Covid-19 di Kota Madiun. Kereta medis darurat di Kota Madiun itu bermana Emergency Medical Train (EMT).

Keberadaan EMT merupakan hasil kerja sama Pemkot Madiun dengan PT Industri Kereta Api (INKA). Kota Madiun merupakan daerah pertama yang bekerja sama dengan INKA untuk pengadaan kereta medis darurat.

Kereta medis darurat itu berada di kawasan pabrik INKA. Namun, lokasinya terpisah dari aktivitas sehari-hari perusahaan tersebut. Termasuk rute mobil ambulans juga ada jalur tersendiri, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

Hanya petugas medis yang dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) yang diperbolehkan memasuki lokasi khusus EMT tersebut.

“Untuk sementara kapasitas kereta medis yang disediakan 48 tempat tidur,” ujar Wali Kota Madiun, Maidi, seperti yang dikutip dari Antara, Sabtu (6/2/2021).

Sebanyak 10 tempat tidur di kereta medis diperuntukkan bagi isolasi pasien Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan.

Maidi mengatakan, kereta medis darurat disiapkan untuk mengantisipasi kamar rumah sakit yang penuh akibat lonjakan pasien Covid-19.

“Sebenarnya tren Covid-19 di Kota Madiun hari ini sudah turun, tapi buat jaga-jaga,” ucapnya.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.