Sukses

Abu Vulkanik Gunung Raung Menyebar hingga Gilimanuk Bali

Liputan6.com, Surabaya - Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Jembrana, I Gusti Ngurah Darma Putra membenarkan sebaran abu vulkanik erupsi Gunung Raung di Jawa Timur, mencapai Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali.

"Iya itu kemarin jam 10 pagi. Tipis hanya sampai di Gilimanuk saja informasinya. Hanya dirasakan ada abu di teras (warga)," kata Gusti Ngurah Darma Putra, Selasa (9/2/2021).

Karena dampak kecil yang ditimbulkan, BPBD Jembrana belum mengantongi data berapa rumah warga yang terdampak abu vulkanik Gunung Raung.

"Tidak ada yang memberikan laporan berapa. Iya di sekitar Gilimanuk itu tipis di terasnya ada terasa kayak abu. Jadi tidak terlalu berdampak, Bapak Lurah juga tidak menyampaikan laporan. Kalau memang sampai gelap, sampai berdampak luar biasa, iya tentu dilaporkan ke Pemerintah Daerah. Kemarin saja, tidak ada lagi laporannya," jelasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Data BMKG Wilayah III Denpasar Iman Faturahman membenarkan ada sebaran abu vulkanik Gunung Raung.

"Memang dari pantau poligon, sebarannya akan ke wilayah Bali. Tapi memang tidak sampai ke penerbangan bandara. Tetapi kalau dilihat dari area poligon tidak sampai ke selatan ke Bandara Ngurah Rai. Jadi untuk Bali dan penerbangan masih aman," ujar Iman.

Selain itu, saat ini masuk musim hujan sehingga paparan abu vulkanik minim ke wilayah Pulau Bali, karena sudah terbilas oleh air hujan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Ketinggian Kolom Abu Mencapai 2 Ribu Meter

"Abu vulkaniknya minim karena sudah terbilas oleh air, jadi tidak sempat masuk (ke Bali). Mungkin karena hujan, kalau rutenya diprediksinya anginnya ke arah sini (Bali) karena ke sapu hujan duluan jadi tidak sampai. Termasuk hasil paper test dari Ngurah Rai yang memang di luar poligon daerah terdampak itu juga negatif hasilnya," ujar Iman.

Seperti yang diberitakan, Gunung Raung di Jawa Timur kembali mencatatkan aktivitas vulkanik sejak Minggu (7/2/2021) hingga Senin (8/2/2021) pagi. Ketinggian kolom abu dari gunung yang berlokasi di antara Banyuwangi, Jember dan Bondowoso, Jawa Timur mencapai sekitar 2.000 meter dari puncak kawah. 

 

Reporter: Moh. Kadafi

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.