Sukses

Wali Kota Malang Sutiaji Ingin PPKM Berlaku Sepanjang Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Malang Sutiaji ingin Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terus dilaksanakan hingga pandemi Covid-19 benar-benar berakhir.

"Untuk PPKM ini dalam taraf edukasi sampai pandemi ini berakhir. Maka batas waktunya tidak ditentukan," ujar Sutiaji, dikutip dari TimesIndonesia, Rabu (10/2/2021).

Langkah ini dia ambil karena tidak tahu apa yang nanti akan terjadi setelah dua minggu penerapan PPKM mikro ini berlangsung.

"Saya memang meminta kepada pusat agar PPKM ini diberlakukan secara Nasional dan sampai batas waktu yang belum ditentukan sampai pandemi selesai," ungkapnya.

PPKM yang nantinya akan dilakukan terus menerus ini, diharapnya supaya bisa menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat. Seperti bisa terdukasi secara mandiri terkait protokol kesehatan melalui sosialisasi yang terus akan dilakukan.

2 dari 3 halaman

Turunkan Angka Kematian

"Karena kita tidak tahu Covid-19 sampai kapan. Apa bisa menjamin 14 hari? Masyarakat nantinya jika disosialisasikan terus menerus bisa menjadi kebiasaan bagus, kalau kumat lagi kan bingung," tuturnya.

Dengan terus menerapkan PPKM ini, Sutiaji berharap nantinya bisa menurunkan angka kematian pasien Covid-19 dan menurunkan transmisi penularan Covid-19.

"Kalau bisa rate of transmission (ROT) kita di bawah nol koma. Tapi ini tidak bisa dipertahankan kalau masyarakat nanti masih euforia lagi dan melupakan Covid-19. Maka menurut saya, PPKM ini harus secara Nasional dan batas waktunya pun hingga Covid-19 benar-benar berakhir," ucap Wali Kota Malang. 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: