Sukses

VIDEO: Banjir Lahar Dingin Semeru Terjang Warung dan Musala

Liputan6.com, Jakarta Proses pencarian mobil yang terseret banjir lahar semeru masih dilakukan warga. Warga hanya menemukan dua roda mobil di lokasi, yang berjarak 6 kilometer dari lokasi awal. Selain mobil, sebuah musala dan warung makan juga tertimbun material banjir lahar dingin Gunung Semeru.

Dua roda mobil yang terseret lahar dingin ini ditemukan warga di aliran Sungai Leprak, Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro. Roda ditemukan di dua tempat berbeda, dengan jarak 6 kilometer dari lokasi awal kejadian. Warga dan relawan bencana masih berusaha mencari keberadaan bangkai mobil itu.

Sementara untuk korban jiwa, dipastikan tidak ada, karena saat kejadian sopir berada di luar kendaraan. Selain menyeret mobil minibus, banjir lahar dingin dari gunung api tertinggi di Jawa Timur itu, ternyata juga menimbun sebuah musala dan warung makan. Berikut dilansir pada Liputan6, (10/2/2021).

“Tanggul yang dibuat secara darurat kemarin sudah habis, terus musala juga sudah terendam terus untuk material lainnya nihil, untuk cek dam yang di atas juga sudah sampai di sini besi-besi penguatnya, untuk mobil secara keseluruhan masih belum ketemu, cuma ada chasis sama roda yang sudah ditemukan oleh warga, dan ini diinformasikan juga kepada pemiliknya, yaitu lokasi di bawah Gladak Perak,” kata Nur Kholis, Sukarelawan Bencana.

Senin sore, mobil minibus di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, terseret banjir lahar dingin Gunung Semeru. Derasnya banjir yang membawa material vulkanik, berupa batu dan pasir menerjang mobil yang diparkir di bantaran Sungai Sumbersari.

Tidak ada korban jiwa, karena saat terjadi banjir, pengemudi mobil tengah istirahat usai mengirim bahan bakar untuk alat berat yang beroperasi di sungai tersebut.