Sukses

Sembahyang Jelang Imlek, Ini Doa Umat TITD Kwan Sing Bio Tuban

Sejumlah warga Tionghoa di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban, menggelar ritual sembahyang dalam rangka menyambut pergantian tahun Imlek, Kamis malam, (11/2/2021).

Liputan6.com, Tuban - Sejumlah warga Tionghoa di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban, menggelar ritual sembahyang dalam rangka menyambut pergantian tahun Imlek, Kamis malam, (11/2/2021).

Kegiatan itu menerima protokol kesehatan (prokes) secara ketat sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Kegiatan sembahyang ini mendoakan rakyat Indonesia agar terhindar Covid-19,” ungkap Alim Sugiantoro Ketua Penilik Domisioner TITD Kwan Sing Bio Tuban.

Ia mengaku bahwa keberadaan TITD Kwan Sing Bio Tuban ini sangat diperhatikan oleh pejabat pemerintah pusat hingga daerah, tokoh nasional, semua pemuda lintas agama termasuk pakar hukum, dan lainnya. Oleh sebab itu, di momen ini pengurus mendoakan meraka semua agar panjang umur dan terhindar dari segala cobaan.

“Pada pergantian tahun Imlek ini, kita mendoakan meraka dan negara tercinta ini agar terhindar dari segala cobaan, selalu sehat, panjang umur banyak rejeki dan terlindung ketika menjalankan tugas-tugasnya. Kita juga harus tahu budi atas perhatian tokoh nasional kepada tuban ini,” ungkap Alim Sugiantoro.

Menurutnya, Imlek tahun 2021 ini menjadi tahun dengan shio kerbau logam. Sehingga masyarakat diminta untuk lebih giat dalam menerapkan prokes sesuai anjuran pemerintah supaya terhindar dari virus corona.

“Pada shio kerbau ini kita harus giat bekerja untuk menangkal Covid-19, dan taat dengan menerapkan 3 M yakni rajin mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak,” beber Alim, panggilan akrabnya.

Ia menjelaskan, jika masyarakat tidak taat dalam menerapkan disiplin prokes, maka persoalan kasus Covid-19 ini tidak kunjung selesai. Termasuk, pengurus TITD Kwan Sing Bio juga mendoakan agar perekonomian di Indonesia kembali pulih dan lancar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Pembagian Angpao Massal

Lebih lanjut, pada Imlek tahun ini tidak ada pembagian angpao secara massal dan ritual sembahyang pada besuk hari dilakukan secara sendiri-sendiri dengan menerapkan prokes secara ketat. Kebijakan itu diambil untuk menekan penularan Covid-19.

“Pembagian angpao kali ini tidak ada dan diganti pemberian paket sembako yang disalurkan kepada masyarakat terdampak Pandemi Covid-19,” terangnya.

Sementara itu, meskipun perayaan Tahun Baru Imlek 2572 yang ada di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban, berlangsung sederhana. Namun, seluruh bagian telah ditata, dibersihkan dan dihias dengan tujuan agar ritual sembahyang bisa berjalan nyaman.

Termasuk, sejumlah lilin telah ditata dan sejumlah bola lampion telah terpasang. Bahkan, patung Kerbau Logam juga terpasang lengkap dengan pernak-perniknya didalam kelenteng.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.