Sukses

VIDEO: Layanan Genose COVID-19 Sudah Tersedia di Stasiun Pasar Turi Surabaya

Liputan6.com, Jakarta Stasiun Surabaya Pasar Turi memberi layanan pemeriksaan Covid-19 bagi calon penumpang melalui alat Genose. Mulai hari Senin ini (15/2), layanan deteksi Covid-19 khusus bagi penumpang kereta api jarak jauh dan menengah ini dikenakan biaya Rp 20.000 per orang.

Setelah Stasiun Pasar Senen Jakarta dan Stasiun Tugu Yogyakarta. Kini layanan pemeriksaan Covid-19 melalui Genose mulai dilakukan di Stasiun Surabaya Pasar Turi hari Senin. Untuk memberi kenyamanan calon penumpang yang akan dites Covid-19 melalui alat Genose.

Petugas PT KAI Daop 8 Surabaya, telah menyiapkan bilik pemeriksaan dan petugas jaga. Di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya, untuk sementara hanya Stasiun Pasar Turi yang melayani pemeriksaan Genose. Layanan pemeriksaan Genose ini khusus penumpang kereta api jarak jauh, menengah, dengan tarif Rp 20.000.

Selain pemeriksaan Covid-19 melalui Genose, penumpang kereta api juga masih bisa menggunakan layanan pemeriksaan rapid tes antigen. Di wilayah Daop 8 Surabaya, ada 5 stasiun yang melayani rapid tes antigen, yakni Stasiun Pasar Turi, Stasiun Gubeng, Stasiun Sidoarjo, Stasiun Mojokerto dan Stasiun Malang. Demikian dilansir pada Liputan6, (15/2/2021).

“Mulai 15 Februari di Daop 8, khususnya di Stasiun Pasar Turi sudah mulai melakukan pelayanan tes Genose 19 pada masyarakat, tambahan layanan tes Genose ini merupakan tambahan layanan dari KAI untuk pemenuhan persyaratan naik kereta api, sesuai dengan Surat Edaran No 20 tahun 2021 tentang Tata Cara Orang Bepergian di  masa pandemi,” terang Luqman Arif, Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya.

Bagi penumpang kereta yang melakukan pemeriksaan Genose diwajibkan untuk tidak merokok, makan dan minum, minimal 30 menit sebelum tes. Selain Stasiun Surabaya Pasar Turi, layanan Genose juga ada di Stasiun Jakarta, Pasar Senen dan Gambir, Stasiun Tugu Yogyakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Cirebon, Stasiun Solo Balapan, dan Stasiun Tawang Semarang.