Sukses

Wali Kota Surabaya Terpilih Eri-Armuji Dilantik Akhir Februari

Liputan6.com, Surabaya - Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono menyatakan, pelantikan Eri Cahyadi dan Armuji sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Surabaya diperkirakan akhir Februari 2021. 

"Perkirakan akhir Februari sudah dilantik. Tanggal persisnya saya kurang tahu," kata di gedung DPRD Surabaya, Jumat (19/2/2021) seperti dilansir dari Antara.

DPRD telah menerima sejumlah berkas dari KPU di antaranya berita acara penetapan paslon, SK Penetapan paslon, surat pengantar KPU Surabaya, SK Rekapitulasi Suara tingkat kota dan sebagainya.  

Sejumlah berkas tersebut diberikan KPU Surabaya kepada DPRD Surabaya dalam rapat pleno terbuka yang digelar KPU Kota Surabaya, Jumat siang ini. Mendapati hal itu, DPRD Surabaya langsung menindaklanjuti dengan menggelar rapat paripurna pada Jumat sore harinya.

Sesuai mekanisme, lanjut dia, hasil rapat paripurna tersebut dikirim kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Jawa Timur untuk mendapatkan SK pengangkatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya yang baru.

"Hari ini, surat langsung dikirim ke Kemendagari agar bisa diproses," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Persiapan

Selain itu, Adi mengatakan pihaknya juga sudah menyampaikan kepada Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Surabaya Hendro Gunawan agar Pemkot Surabaya sudah mulai mempersiapkan segala sesuatunya untuk pelantikan wali kota dan wakil wali kota.

Saat ditanya harapan setelah pelantikan wali kota dan wakil wali kota, Adi mengatakan bahwa Surabaya menghadapi dua hal saat ini yakni menuntaskan pandemi COVID-19 dan memulihkan perekonomian.

"Kedua hal ini sudah dilakukan dengan baik oleh Wali Kota Risma dan Wali Kota Whisnu. Bahkan pada masa Wali Kota Whisnu, Surabaya sudah  masuk zona kuning. Kami berharap Wali Kota Eri bisa membawa Surabaya ke zona hijau," katanya.