Sukses

Sah Jadi Paslon Pemenang Pilkada, YesBro: Mari Majukan Lamongan Bersama

Liputan6.com, Suranaya - Bupati Lamongan terpilih Yuhronur mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya pilkada secara tertib, aman baik, dan lancar.

"Terima kasih KPU, Forkopimda dan seluruh masyarakat Lamongan yang berpartisipasi menyukseskan acara ini. Kemenangan yang kami raih adalah kemenangan masyarakat," ujarnya dikutip dari Antara, Sabtu (20/2/2021). 

Yuhronur yang juga mantan Sekda Lamongan itu menyebut, amanat yang disampaikan masyarakat tidak akan disia-siakan, dan sebisa mungkin diimplementasikan.

"Mari bergandengan dan bekerja sama untuk kemajuan dan kesejahteraan Lamongan," katanya.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pemkab Lamongan, Arif Bakhtiar menyebut Pemkab Lamongan bersama KPU dan DPRD mendorong agar bupati dan wakil bupati terpilih Lamongan bisa dilantik serentak pada Minggu IV Februari, sesuai ketentuan Mendagri.

"Karena itu dalam sehari ini, mulai pleno di KPU jam 9 pagi kemudian langsung dilanjutkan paripurna di DPRD, kami secara maraton melakukan percepatan proses pengusulan pengesahan pengangkatan bupati dan wakil bupati terpilih," kata Arif.

 

2 dari 3 halaman

Disahkan KPU Lamongan

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan, Jatim, menetapkan pasangan nomor urut 2 dengan akronim "YesBro" atau Yuhronur Effendi-KH Abdul Rouf sebagai pemenang dalam pelaksanaan Pilkada 2020 di wilayah setempat.

Ketua KPU Lamongan, Mahrus Ali dikonfirmasi usai rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati di ruang Media Center KPU, Jumat mengatakan, pelaksanaan pesta demokrasi di wilayah setempat merupakan pemilihan dengan tahapan waktu terpanjang, dimana tahapan diawali mulai September 2019 dan sempat cut-off awal tahun 2020 karena pandemik COVID-19. 

"Kami menyatakan antusiasme dan partisipasi masyarakat Lamongan sangat luar biasa. Peserta pemilihan mampu melebihi target yang ditetapkan nasional. Dan kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemkab Lamongan yang telah mendukung penuh dalam setiap tahapan Pilkada 2020," ujarnya.

Pilkada Lamongan diikuti tiga paslon, masing-masing calon perseorangan Suhandoyo-Astiti Suwarni dengan nomor urut 1, kemudian nomor urut 2 paslon Yuhronur Effendi-KH Abdul Rouf (Yes-Bro), serta nomor urut 3 paslon Kartika Hidayati-Saim (Karsa).

 Dari total daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Lamongan 2020 sebanyak 1.038.756 jiwa, total suara yang masuk sebanyak 804.561 (89,78 persen) dengan rincian suara sah 790.117 dan suara tidak sah 14.444 serta tidak hadir atau golput 234.195 suara.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: