Sukses

Akun Penipu Catut Nama Eri Cahyadi Jelang Pelantikan Wali Kota Surabaya

Liputan6.com, Surabaya- Nama Eri Cahyadi dicatut sebuah akun Facebook menjelang pelantikan wali kota dan wakil wali kota Surabaya. Akun itu memakai nama Eri Cahyadi dengan foto profil wali kota Surabaya terpilih itu.

Akun itu menyebarkan pesan pribadi di Facebook dan menawarkan pinjaman wirausaha dari koperasi. Pesan Facebook akun Eri Cahyadi yang palsu berisi tawaran program pinjaman modal wirausaha bunga 0 persen, kerja sama antara pemerintah dengan Koperasi Sinarmas.  Biaya angsuran 50 persen per bulan dibantu pemerintah.

Juru Bicara Tim Pemenangan Eri Cahyadi-Armuji, Aprizaldi, menegaskan akun Facebook itu adalah akun palsu. Sebab, Eri Cahyadi tidak memiliki akun pribadi di Facebook.

“Eri hanya punya fan page di Facebook dengan alamat https://www.facebook.com/ericahyadiec dan akun Instragra, @ericahyadi_, selain dua akun itu berarti palsu,” ujarnya, seperti yang dikutip dari Antara, Minggu (21/2/2021).

Akun palsu Facebook yang dibuat penipuan tersebut pertama kali menggungah konten pada 23 Januari 2021 pada pukul 23.29 WIB. Gambar pertama adalah foto Eri Cahyadi mengacungkan jari telunjuk saat debat publik di Hotel JW Marriot, Surabaya.

Unggahan selanjutnya adalah foto-foto Eri Cahyadi saat kampanye maupun saat masih aktif menjadi aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Surabaya. Unggahan ini diunggah tidak lama setelah unggahan pertama.

 

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: