Sukses

Pertemuan Tiga Kepala Daerah Terpilih Surabaya Raya, Bahas Apa?

Tiga kepala daerah terpilih Surabaya Raya bertemu dalam satu meja

Liputan6.com, Surabaya- Tiga kepala daerah terpilih Surabaya Raya bertemu dalam satu meja. Kepala daerah yang terdiri dari wali kota Surabaya serta bupati Sidoarjo dan Gresik itu untuk membangun kesepahaman mengenai pembangunan dan gotong royong skala Jatim.

Rencananya, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Bupari Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, dan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani akan dilantik pada 26 Februari 2021.

“Ada lima hal yang disepakati dan dibahas dalam pertemuan 120 menit, Minggu (21/2/2021),” ujar Eri Cahyadi, wali kota terpilih Surabaya, seperti yang dikutip dari Antara, Senin (22/2/2021).

Lima hal yang dimaksud meliputi, integrasi penanganan pandemi Covid-19, manajemen transportasi terpadu, manajemen sungai terpadu, pengembangan manajemen pengetahuan untuk meningkatkan kualitas inovasi antar-daerah, dan infrastruktur jalan.

Eri mencontohkan dalam penanganan pandemi Covid-19, kebijakan tiga daerah Surabaya Raya ini harus sinergis untuk memudahkan tracing pasien Covid-19.

Sementara, Muhdlor mengatakan ketiga daerah juga sepakat membangun sistem knowledge management atau manajemen pengetahuan yang memungkinkan adanya replikasi inovasi antardaerah. Dengan manajemen pengetahuan, ide dan gagasan inovatif antardaerah saling bisa diakses, sehingga mendorong kolaborasi dalam melahirkan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Bupati Gresik terpilih Fandi Akhmad Yani juga mencontohkan pentingnya integrasi program terkait manajemen penanganan banjir.

“Penanganan banjir Kali Lamong harus terintegrasi secara kelembagaan, karena secara kewilayahan, memanng pengaturan sungai dan sistem pengendali banjir Kali Lamong tersebar di Gresik, Mojokerto, dan Surabaya,” ucapnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.