Sukses

Wow, UB Malang Dapat Dana Riset Terbesar Se-Indonesia

UB menjadi perguruan tinggi non PTNBH yang menerima pendanaan penelitian terbesar, yaitu Rp11,98 miliar.

Liputan6.com, Surabaya - Universitas Brawijaya (UB menjadi perguruan tinggi yang mendapatkan pendanaan terbesar untuk penelitian dari Kemenristek/BRIN, yakni sebesar Rp 11,98 miliar untuk Kategori Penelitian Kompetitif Nasional dan Desentralisasi.

Ketua LPPM UB Bambang Susilo, di Malang, Rabu (24/2/2021), menjelaskan kategori Penelitian Kompetitif Nasional meliputi Skema Penelitian Dasar (PD), Skema Penelitian Terapan (PT), Skema Penelitian Pengembangan (PP), Skema Penelitian Dosen Pemula (PDP), Skema Penelitian Kerja Sama Antar-Perguruan Tinggi (PKPT), dan Skema Penelitian Pascasarjana (PPS).

Sedangkan Kategori Penelitian Desentralisasi, yaitu Skema Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi (PDUPT), Skema Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT), Skema Penelitian Pengembangan Unggulan Perguruan Tinggi (PPUPT), dilansir dari Antara.

"Ada 71 judul penelitian dari UB yang telah disetujui pusat untuk mendapatkan pendanaan dari Kepala Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRPM-Kemenristek/BRIN)," kata Bambang.

Dengan pendanaan yang diperoleh, Bambang berharap bisa berkontribusi dalam meningkatkan reputasi UB di kancah internasional.

"Penelitian nanti 'output' -nya adalah publikasi internasional melalui jurnal internasional terindeks 'scopus' dan Webs of Sciences yang akan berpengaruh pada reputasi atau peringkat UB di kancah internasional," katanya.

 

Saksikan vidoe pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terima Rp 11,98 Miliar

Selain itu, kata Bambang, untuk penelitian dengan Kesiapterapan Teknologi (TKT) di atas 7 nantinya bisa berkembang menjadi inovasi yang diharapkan bisa bekerja sama dengan industri agar bisa diaplikasikan ke masyarakat.

Sebelumnya, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN), Bambang PS Brodjonegoro mengumumkan pendanaan penelitian untuk perguruan tinggi negeri non-badan hukum (PTN non-BH) tahun 2021 yang bersumber dari Biaya Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) sebesar Rp632 miliar.

UB menjadi perguruan tinggi non PTNBH yang menerima pendanaan penelitian terbesar, yaitu Rp11,98 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.