Sukses

17 Paslon Pemenang Pilkada 2020 di Jatim Dilantik Hari Ini

Kepala Biro Admisnistrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Jatim Jempin Marbun mengatakan, pelantikan digelar terbatas.

Liputan6.com, Surabaya - Sebanyak 17 pasangan calon pemenang pilkada 2020 di Jawa Timur akan dilantik hari ini, Jumat (26/2/2021). Pelantikan akan dilakukan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

17 pasangan kepala daerah asal Jatim yang dilantik itu adalah kepala daerah itu Ponorogo, Trenggalek, Kediri, Ngawi, Lamongan, Gresik, Mojokerto, Malang, Blitar, Sumenep, Situbondo, Banyuwangi, Jember, Kota Blitar, Kota Pasuruan, Sidoarjo dan Kota Surabaya.

Kepala Biro Admisnistrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Jatim Jempin Marbun  mengatakan, pelantikan digelar terbatas. Yang boleh hadir hanya kepala daerah dan wakil kepala daerah yang dilantik didampingi masing-masing isteri.

"Hanya 25 orang dalam ruangan pelantikan. Nanti hanya kepala dan wakil kepala daerah didampingi isteri. Rombongan menyaksikan dari daerah masing-masing secara virtual," ujarnya, Kamis (25/2/2021).

Jempin menjelaskan, pada sesi pertama yaitu pukul 09.00 WIB, diikuti enam pasang kepala daerah. Selanjutnya, sesi kedua pukul 13.00 WIB, juga untuk enam pasang kepala daerah. Sedangkan sesi terakhir pukul 16.00 WIB, akan diikuti lima pasang kepala daerah di Jatim.

"Sempat ada opsi pelantikan dilakukan secara virtual, namun karena prosesi pelantikan ini merupakan momen yang sangat sakral, akhirnya diperbolehkan dilantik langsung namun dengan sangat terbatas," ucapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tuban dan Pacitan Menyusul

Sementara itu, masih ada dua daerah di Jatim yang belum bisa dilantik serentak Jumat besok, karena masa jabatan kepala daerah lama berakhir tidak pada 17 Februari 2021, meski sudah ada pemenang pada pilkada serentak 2020.

Yakni kepala daerah Kabupaten Tuban yang masa jabatannya berakhir pada 20 Juni 2021, dan Kepala Daerah Kabupaten Pacitan yang masa jabatannya berakhir pada 4 April 2021. Pelantikan dua kepala daerah pemenang pilkada di dua daerah tersebut menunggu masa jabatan kepala daerah saat ini habis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.