Sukses

Semangat dan Aksi Keren Ryan Putra Bima Juara Program Berani Berubah

Liputan6.com, Jakarta - Perubahan tak pernah diraih dengan mudah. Ada sekian jalur berliku yang mesti dilewati untuk memetik buah ranum perubahan. Namun bila semangat siap #BeraniBerubah, maka tak ada jalan yang tak bisa dilewati.

Semangat #BeraniBerubah itu selaras dengan kutipan menarik dari olahragawan Michael Jordan, “Jika Anda bertemu tembok, jangan berbalik dan menyerah. Cari cara untuk memanjatnya, menembusnya atau memutarinya.”

Spirit perubahan itu ditiru Ryan Putra Bima, warga Pucuk, Dawarblandong, Mojokerto, Jawa Timur yang diberhentikan dari pekerjaannya di Lampung. Sebelumnya dia punya penghasilan lumayan, berkat bekerja sebagai marketing lapangan di sebuah perusahaan swasta. Namun, karena terimbas pandemi virus Covid-19, pekerjaan itu berakhir.

Diberhentikan dari pekerjaan bukan hal mudah bagi seorang Ryan. Dia harus mencukupi kebutuhan keluarga. Adiknya yang baru saja lulus sekolah belum bisa diandalkan. Hidup tanpa pekerjaan selama 3 bulan makin membuatnya berpikir keras untuk menghidupi keluarganya.

“Sampai akhirnya bulan 6 setelah lebaran, saya dapat ide buat buka jasa kurir kiriman barang dan jasa ojek online,” ungkap Ryan pada Tim Berani Berubah.

Ryan mengaku punya modal untuk memulai jasa titip (jastip). Modal sedikit itu membuat usahanya bisa berjalan dengan baik.

“Modal awal Rp100 ribu untuk jasa titip, dan sekarang hampir 7 bulan ini sudah jalan dengan normal,” sambung dia.

Menggunakan media sosial Instagram dan Facebook, poster promosi ditebar. Tak lupa, nomor WhatsApp-nya juga disebar ke siapapun demi memperluas jaringan.

Satu demi satu orang mulai percaya dengan kejujuran dan integritas Ryan dalam bekerja. Mulai dari mengantarkan paket dengan cepat dan aman, hingga membelikan barang titipan saat pergi ke kota.

“Penghasilan paling bersih Rp100 ribu sampai Rp150 ribu. Kebetulan warga nggak paham transfer-transferan uang dan banyak yang masih belum percaya, makanya saya pakai modal sendiri untuk belikan dulu barang titipan,” ujarnya.

Berkat kesuksesannya keluar dari krisis keuangan itu, Ryan mengikuti Program Berani Berubah hasil kolaborasi dari SCTV, Indosiar, dan media digital Liputan6.com serta Merdeka.com.

Program ini mencari sosok inspiratif yang mampu untuk terus bangkit meski diterjang pandemi melalui kompetisi kuis #SiapBeraniBerubah yang diselenggarakan lewat media sosial Instagram Liputan6.com.

Periode kuis dimulai sejak 7 Desember 2020 hingga 7 Januari 2021, dan jumlah peserta mencapai lebih dari 200 orang. Melalui proses penjurian yang dilangsungkan dengan ketat serta teliti, Ryan pun keluar sebagai juara.

 

2 dari 3 halaman

Mengubah Keterbatasan Jadi Peluang

Ryan tinggal di daerah yang cukup jauh dari pusat keramaian. Untuk mencari beberapa barang tertentu, warga Pucuk, Dawarblandong, Mojokerto, Jawa Timur harus menempuh jarak yang terbilang jauh.

“Kami kecamatan terisolir, lewat hutan-hutan. Jadi mereka yang membutuhkan barang terkendala sama perjalanan yang cukup jauh, jadi saya inisiatif untuk mempermudah pekerjaan mereka juga,” ucap Ryan.

Bahkan, perusahaan ekspedisi besar pun ogah menyapa desa terpencil ini, namun justru memilih jasa penitipan milik Ryan.

“Akhirnya orang yang buka unit (jasa kirim) di tempat itu harus mengantar sendiri, dan kemudian menggunakan jasa saya,” lanjut dia.

Jarak desa yang terpencil itu justru jadi berkah buar Ryan. Dia bisa mengangkut pesanan online milik warga ke gudang pengiriman sekaligus melayani jastip.

Di waktu senggang, saat order barang sepi, dia masih bisa mengantar orang, ia berubah sesaat jadi ojek, mengantar mereka hendak bepergian. Pekerjaan padat seperti itu tak mudah dikerjakan bila hatinya kosong, Ryan pupn menanam niat dan semangat besar dalam sanubarinya.

“Saya ingin berubah. Untuk kehidupan lebih baik,” dia mengakhiri.

Program Berani Berubah tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan6 Pagi pukul 04.30 WIB, dan akan tayang di Liputan6.com serta Merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.

Selamat kepada Ryan Putra Bima sebagai pemenang dari kuis #SiapBeraniBerubah yang diselenggarakan melalui sosial media Instagram Liputan6.com. Pemenang akan mendapatkan modal pengembangan usaha sebesar Rp 5.000.000. Terima kasih kepada semua peserta yang sudah berpartisipasi dalam kuis #SiapBeraniBerubah!

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini