Sukses

Lantik Gus Ipul Jadi Wali Kota Pasuruan, Khofifah: Top Mentor

Khofifah Indar Parawansa melantik mantan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menjadi Wali Kota Pasuruan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (26/2/2021).

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melantik mantan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menjadi Wali Kota Pasuruan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (26/2/2021).

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai Wali Kota Pasuruan dengan sebaik-baiknya, dan seadil-adilnya memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," ucap Gus Ipul dalam sumpahnya yang dipimpin Khofifah.

Gus Ipul dilantik sebagai orang nomor satu di Pemkot Pasuruan bersama Adi Wibowo, yang merupakan pasangannya pada Pilkada Serentak 2020.

Mantan Menteri Sosial tersebut lalu menyebut nama Gus Ipul karena dinilai lebih detil memahami pemberdayaan UMKM.

"Di sini ada Gus Ipul yang lebih tahu. Buktinya tanda pin di seragam-nya lebih banyak dari saya. Ini membuktikan perjuangan beliau sudah panjang," katanya seperti dilansir Antara.

"Bupati atau Wali Kota kalau mau cari mentor, tidak perlu susah-susah, sebab salah satu yang dilantik adalah top mentor," ujar Khofifah menambahkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Paslon Terpilih Lainnya

Selain pasangan Wali Kota Pasuruan dan Wakil Wali Kota Pasuruan, Gubernur secara serentak juga melantik pasangan Wali Kota-Wakil Wali Kota Blitar, Bupati-Wakil Bupati Jember, Bupati-Wakil Bupati Malang, Bupati-Wakil Bupati Blitar, dan Bupati-Wakil Bupati Mojokerto.

Proses pelantikan dilanjutkan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah dan pakta integritas oleh pasangan kepala daerah, serta Gubernur Jatim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.