Sukses

Masuk Zona Hijau Covid-19, Polres Sampang Terima Penghargaan Golden Award

Liputan6.com, Surabaya - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sampang, Jawa Timur, memberikan penghargaan emas (golden award) kepada Kapolres dan Dandim Sampang kategori tokoh percepatan penanganan COVID-19 di wilayah itu pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 di Pendopo Pemkab setempat, Minggu (28/2/2021) malam.

"Penghargaan ini sebagai apresiasi insan pers yang tergabung di PWI Sampang atas kinerja kedua tokoh ini dalam menekan penyebaran COVID-19 di Kabupaten Sampang," kata Ketua PWI Sampang Fathorrahman, Senin (1/3/2021).

Kapolres Sampang AKBP Abdul Hafidz dan Komandan Kodim 0828 Sampang Letkol Arm Mulya Yaser Kalsum dinilai sukses menekan penyebaran COVID-19 di wilayah itu, hingga Sampang masuk dalam zona hijau.

"Selain sebagai bentuk apresiasi, penghargaan, ini juga sebagai bentuk dukungan dari PWI Sampang pada petugas lapangan yang aktif mencegah penyebaran COVID-19 di Sampang ini," katanya, dilansir dari Antara.

Berdasarkan penilaian PWI Sampang, dibawah kepemimpinan tokoh di dua institusi itu, Sampang bisa menekan kasus penyebaran COVID-19 dari sebelumnya zona merah, kini menjadi zona hijau, bahkan angka penderita COVID-19 di Kabupaten Sampang paling rendah di Pulau Madura dibanding tiga kabupaten lain, yakni Bangkalan, Sumenep dan Pamekasan.

Selain memberikan penghargaan kepada Dandim dan Kapolres Sampang, penghargaan emas dari PWI Sampang itu juga diberikan kepada Bupati Sampang Slamet Junaidi sebagai tokoh pembangunan.

Kategori penghargaan emas lainnya, tokoh pemberdayaan pemerintah desa, tokoh politisi, tokoh masyarakat teladan, dan tokoh pemuda teladan.

 

2 dari 3 halaman

Kekompakan Masyarakat

Jenis penghargaan lain yang juga diberikan PWI Sampang berupa inovasi pelayanan publik di tingkat desa, partisipasi kecamatan dalam merayakan HPN, dan inovasi pelayanan untuk masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD).

"Saya sebenarnya tidak pantas menerima penghargaan ini, karena saya tidak bisa bekerja sendirian," kata Bupati Sampang saat menyampaikan sambutan di acara itu.

Kebersamaan dan kekompakan semua elemen masyarakat menurutnya sebagai kunci sukses keberhasilan dan kemajuan pembangunan di Kabupaten Sampang.

Ketua PWI Jatim Ainur Rohim menyatakan tugas pers sebagai kontrol sosial, mengawasi kinerja institusi penyelenggara negara agar sesuai dengan ketentuan.

"Maka bisa dibenarkan juga apabila pers memberikan apresiasi kepada para pihak yang memang dinilai bagus bekerja seperti penghargaan yang diberikan PWI Sampang ini," kata Ainur.

Oleh karena itu, sambung Ainur, relasi yang terbangun dengan baik antara pers dengan para pihak agar bisa tetap dilanjutkan. "Kami di PWI Jatim juga biasa memberikan penghargaan seperti ini," katanya menjelaskan.

Puncak peringatan HPN 2021 di Pendopo Pemkab Sampang, Madura, Jawa Timur itu dengan protokol kesehatan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini