Sukses

Sampai Kapan Harga Cabai Rawit di Jatim Melambung?

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur Drajat Irawan mengakui, sampai saat ini pemerintah terus berupaya menstabilkan harga cabai.

Liputan6.com, Surabaya - Ketua Paguyuban Petani Cabai Indonesia, Jawa Timur, Suyono, memprediksi harga cabai rawit di Jatim baru akan normal pada pertengahan bulan ini hingga Lebaran 2021 mendatang.

Asumsi itu, berdasarkan panen yang diperkirakan dilakukan pada Maret hingga akhir Mei 2021 di sentra produksi cabai di wilayah Kediri dan Mojokerto. Kemudian bertahap panen di beberapa kabupaten lain, seperti Blitar, Tuban, Malang dan Probolinggo.

Ia mengatakan, untuk saat ini kenaikan harga cabai murni disebabkan kondisi cuaca/iklim yang ekstrem di beberapa sentra produksi serta adanya curah hujan yang tinggi, sehingga menyebabkan banyak lahan tanam di dataran rendah tergenang air dan berakibat pada kerusakan cabai serta terserang penyakit, seperti daun keriting, buah rontok, serangan lalat buah yang hampir merata di semua sentra produksi cabai di Jawa Timur.

"Kondisi itu juga mengakibatkan produksi cabai rawit di sentra produksi di Kabupaten Kediri turun. Berdasarkan luas tanam mengalami penurunan sekitar 10 sampai 15 persen dibanding bulan yang sama tahun sebelumnya," kata Yono, Jumat (5/3/2021) dikutip Antara.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur Drajat Irawan mengakui, sampai saat ini pemerintah terus berupaya menstabilkan harga cabai.

Salah satu upaya itu, katanya, dengan melakukan koordinasi dan sinergi dengan dinas terkait, pemerintah kabupaten/kota, serta asosiasi petani cabai yang ada di Jawa Timur.

“Produksi cabai sesuai dengan luas lahan perlu dimonitor, progresnya dipantau supaya antara luas lahan dengan kapasitas produksi serta distribusinya berjalan,” kata Drajat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbaiki Saluran Irigasi

Untuk daerah yang terkena genangan air, kata dia, Pemprov Jatim berusaha memperbaiki saluran irigasi lahan tanaman cabai agar hasil tanaman cabai dan kapasitas produksinya bisa berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan.

"Pemprov Jatim juga telah memberikan surat kepada pemerintah kabupaten/kota untuk terus melakukan monitoring dan melakukan upaya agar pengamanan panen cabai bisa berjalan dengan lancar," kata dia.

Drajat mengakui hal yang sama, bahwa kenaikan harga cabai saat ini murni karena alam, curah hujan yang tinggi dan turun lebih cepat dari perkiraan.

"Untuk panen cabai kami perkirakan dilakukan mulai akhir Maret hingga April 2021. Sehingga kami harapkan curah hujan bisa menurun, khususnya menjelang HBKN Ramadhan dan Idul Fitri 2021, agar ketersediaan cabai aman serta harganya stabil," katanya.

Konsentrasi Pemprov Jatim, kata dia, saat ini adalah produksi berjalan sesuai rencana dan proses pendistribusian sampai pasar juga lancar. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.