Sukses

Polisi Beber Kronologi Kasus Salah Transfer BCA yang Jerat Pemuda Surabaya

Pelapor perkara ini adalah Nur Chusaima, karyawati BCA yang kini sudah purnabakti atau pensiun. Pada 11 Maret 2020

Liputan6.com, Surabaya - Kapolrestabes Surabaya Ajun Komisaris Besar Polisi Oki Ahadian Purwono menyatakan, Ardi Pratama yang kini menjadi terdakwa kasus salah transfer Rp 51 juta tidak mengakui adanya kesalahan transfer di rekening BCA miliknya saat proses penyelidikan hingga penyidikan sekitar Agustus 2020. 

"Sebelum kami m penyelidikan, terlebih dahulu mediasi yang mempertemukan pelapor dengan terlapor," katanya di Surabaya, Jumat (5/3/2021) seperti dikutip dari Antara.

Oki pun membeber kronologi kasus ini. Pelapor perkara ini adalah Nur Chusaima, karyawati BCA yang kini sudah purnabakti atau pensiun. Pada 11 Maret 2020, saat bekerja di BCA Kantor Cabang Pembantu Citraland Surabaya, perempuan yang kini berusia 56 tahun itu salah input data saat mentransfer uang senilai Rp 51 juta, sehingga nyasar ke rekening milik Ardi Pratama.  

Salah tranfer baru diketahui 10 hari kemudian dan pada saat itu, ketika pihak BCA menagih agar dikembalikan, Ardi telah menghabiskan seluruh uang yang masuk di rekeningnya. 

Ardi berdalih uang senilai Rp 51 juta yang masuk ke rekeningnya dan telah dihabiskan untuk keperluan pribadi adalah komisi dari pekerjaannya sebagai makelar penjualan mobil. 

Menurut AKBP Oki, pemuda yang tinggal di Jalan Manukan Lor Surabaya itu tetap mempertahankan argumentasinya tersebut selama proses penyelidikan hingga penyidikan.

"Sebelumnya saat dilakukan proses mediasi dengan pelapor memang menjanjikan akan mengembalikan uang salah transfer senilai Rp 51 juta itu, tapi tidak ada realisasinya," ujarnya. 

Polisi kemudian menyimpulkan mediasi dengan beberapa kali pertemuan antara pelapor dan terlapor tidak menghasilkan titik temu, sehingga melanjutkan ke tingkat penyelidikan hingga penyidikan dan akhirnya menetapkan Ardi sebagai tersangka. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ancaman 5 Tahun Penjara

Pemuda yang tinggal di Jalan Manukan Lor Surabaya itu ditahan sejak 26 November 2020. Proses hukumnya kini telah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Surabaya dan menjadikannya sebagai terdakwa. 

Bapak tiga anak yang semuanya masih berusia di bawah lima tahun (balita) itu didakwa  Pasal 85 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana dan Pasal 327 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) tentang penggelapan. 

Ancaman hukumannya lima tahun penjara atau denda paling banyak Rp 5 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.