Sukses

Pelaku UMKM di Surabaya Ingin Segera Divaksinasi, Ini Alasannya

Liputan6.com, Surabaya - Pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Wahyu Darmawan berharap, vaksinasi Cvoid-19 kepada para pelaku UMKM bisa segera dilakukan. Menurutnya, ini penting untuk membangkitkan ekonomi yang terdampak selama pandemi.

"Apalagi warung atau tempat usaha itu dipasangi stiker atau banner yang menyebutkan kalau para pegawainya sudah divaksin. Sehingga ketika ada pembeli yang mau datang ke kedai, warung atau angkringan itu tidak akan takut," kata pemilik Kedai ketan Punel ini dikutip dari Antara, Jumat (5/3/2021).

Menurut dia, pembeli akan merasa nyaman karena tahu kalau pedagangnya sudah divaksinasi. Kalau ada pembeli yang datang, maka ada transaksi, dan secara otomatis roda perekonomian akan berputar dan bisa pulih kembali.

Wahyu mengatakan, jika saat ini banyak pelaku UMKM yang terdampak akibat pendami COVID-19. Hal itu menyebabkan hasil produksinya atau omsetnya menurun dikarenakan daya beli masyarakat berkurang.

"Banyak pelaku UMKM yang mengeluh permintaan atau penjualannya menurun selama pandemi. Meskipun demikian, kami para pelaku UMKM harus tetap bertahan," ujar Wahyu.

Menurutnya, memberi prioritas vaksinasi kepada pengusaha UMKM juga merupakan bagian dari empati dan dukungan agar mereka dapat bertahan dan tumbuh kembali

"Biar kami terus semangat untuk berdagang dan bisa terus bertahan. Tentunya akan menimbulkan rasa aman bagi kami selaku para pelaku usaha dan konsumen dalam melakukan transaksi," katanya.

Hal sama juga dikatakan pelaku UMKM lainnya, Kusnan. Ia menyebut jika pandemi COVID-19 ini sangat berdampak terhadap kelangsungan pedangan kecil.

"Program vaksin tentu akan menimbulkan kepercayaan diri bagi pelaku usaha dan konsumen yang akan melakukan transaksi, sehingga perekonomian bisa kian bergerak," katanya.

2 dari 3 halaman

DPRD Mendukung

Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti turut mendorong agar pelaku UMKM juga perlu mendapatkan perhatian vaksinasi COVID-19. Menurutnya, ini sangat penting para pelaku usaha kecil yang juga sangat rentan terhadap penyebaran COVID-19. 

"Sangat penting para pelaku usaha kecil untuk divaksin. Karena hemat saya, mereka selalu berinteraksi dengan banyak orang, ini sangat rentan terhadap penyebaran COVID-19," kata Reni.

Harapannya, lanjut dia, supaya pelaku usaha yang berinteraksi dengan banyak orang bisa mendapatkan imunitas kekebalan terhadap virus ini. Dengan demikian, angka penyebaran COVID-19 di Surabaya bisa cepat tertangani. 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: