Sukses

2,7 juta Program Kartu Prakerja Disiapkan di Awal 2021

Liputan6.com, Surabaya - Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan, Program Kartu Prakerja akan dilanjutkan di 2021 dengan pembukaan gelombang ke 12 pada 23 Februari kemarin.

Rencananya pemerintah akan membuka pendaftaran untuk 2,7 juta orang penerima manfaat Kartu Prakerja pada semester awal.

"Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan program ini untuk meningkatkan kompetensi sebelum melamar pekerjaan ke perusahaan ataupun menjadi wirausahawan," ujarnya, Jumat (5/3/2021).

Sementara COO Sekolah.mu, Radinka Qiera mengatakan, sebagai salah satu mitra platform digital Program Kartu Prakerja, Sekolah.mu menyediakan beragam pelatihan untuk meningkatkan kompetensi yang dapat dipilih masyarakat sesuai dengan minat dan tujuan pengembangan dirinya.

"Program Kartu Prakerja memiliki banyak manfaat bagi masyarakat mulai dari pembekalan serta peningkatan kompetensi kerja atau kewirausahaan hingga alih kompetensi kerja bagi tenaga kerja," ucapnya.

Selain itu, lanjut Radinka, aplikasi ini juga memiliki tingkat penyelesaian yang tinggi, dan menunjukkan berbagai pelatihan yang ditawarkan mudah diikuti, menarik, dan bermanfaat.

2 dari 3 halaman

Capai 90 Persen

"Pada tahun 2020 rata-rata tingkat penyelesaian pelatihan di platform Sekolah.mu mencapai lebih dari 90 persen. Pengguna dapat mengikuti pelatihan sesuai dengan minat masing-masing ataupun berdasarkan kebutuhan industri saat ini," ujarnya.

Penerima Kartu Prakerja yang mengakses pelatihan melalui Sekolah.mu akan mendapatkan pembelajaran yang berbasis kompetensi berdasarkan data dari seluruh pelatihan yang diselenggarakan di aplikasi ini.

"Kompetensi yang paling banyak berkembang dari para penerima Kartu Prakerja antara lain adalah tingkat kemandirian dan orientasi pada tindakan yang akan menjadi penting sebagai bekal para pengguna pelatihan pada saat ini," ucap Radinka.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

  • Pemerintah membuka Program Kartu Prakerja sejak 2020 untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.
    Kartu Prakerja