Sukses

Revitalisasi Benteng Pendem Ngawi, Sudah Sampai Mana?

Liputan6.com, Surabaya- Revitalisasi Benteng Pendem Ngawi atau Benteng Van Den Bosch sudah mencapai 10 persen. Revitalisasi benteng yang terletak di Kelurahan Pelem, Kecamatan Ngawi, Jatim itu dilakukan BUMN PT Nindya Karya dan ditargetkan selesai pada Januari 2023.

Revitalisasi Benteng Pendem Ngawi menyedot anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) seilai Rp 113,7 miliar.

“Pekerjaan prioritas di tahap awal adalah plester mengelupas,” ujar Bupati Ngawi, Ony Anwar, seperti yang dikutip dari Antara, Sabtu (6/3/2021).

Sebanyak 13 bangunan di atas tanah seluas 7.500 meter persegi tersebut sudah dikelupas. Sembari menunggu restorasi selesai, Pemkab Ngawi juga berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Tujuannya, mengupayakan dukungan bagi Benteng Pendem Ngawi yang akan dikembangkan sebagai ikon wisata heritage di kabupaten setempat. Dukungan yang dimaksud meliputi, penyediaan akomodasi hotel berbintang yang lebih representatif, jalur transportasi yang layak, dan fasilitas pendukung lainnya yang memadai, sehingga semakin menarik wisatawan.

Setelah Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Benteng Pendem Ngawi pada Fabruari  2019 dan melihat potensi pada salah satu aset negara itu, revitalisasi Benteng Pendem Ngawi masuk dalam turunan proyek strategis nasional untuk menjadi salah satu destinasi wisata berskala nasional dan internasional.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: