Sukses

Polling Warganet di Twitter soal Kudeta Demokrat, Begini Hasilnya

Deputi Strategi dan Kebijakan Balitbang DPP Partai Demokrat Yan Harahap mengungkapkan, polling tersebut diikuti oleh hampir 60 ribu netizen.

Liputan6.com, Surabaya - Warganet atau netizen gerah melihat kasus kudeta Partai Demokrat dan pembiaran pihak berwenang. Kekesalan ini diekspresikan dalam polling Twitter yang dilakukan akun @info_jakarta pada Senin (8/3/2021).

Deputi Strategi dan Kebijakan Balitbang DPP Partai Demokrat Yan Harahap mengungkapkan, polling tersebut diikuti oleh hampir 60 ribu warganet.

"Hasilnya, 85% warganet setuju rakyat bergerak selamatkan demokrasi," kata Yan.

Yan melihat masyarakat sudah mulai jengah dengan pembiaran kasus kudeta, meskipun Presiden Jokowi diberitakan menegur Kepala KSP Moeldoko atas ulahnya mencampuri urusan internal Partai Demokrat.

"Entah teguran Presiden dianggap angin lalu, atau ada tendensi pembiaran, gerakan pengambilalihan kepemimpinan Partai Demokrat berjalan terus," ujarnya.

Yan juga mengungkapkan dalam jajak pendapat lain yang juga diselenggarakan akun @info_jakarta (8/3), 87% dari hampir 60 ribu netizen yang memberi suara, berpendapat tidak setuju persoalan pencaplokan kepemimpinan ini merupakan masalah internal PD.

Ketika ditanya apakah mereka yakin Pemerintah akan bersikap adil, 86% warganet tidak percaya bahwa Pemerintah bisa adil dalam hal ini, apalagi mengingat Partai Demokrat tidak berada dalam koalisi pemerintahan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Batal Daftar

Partai Demokrat kubu Moeldoko batal mengajukan pendaftaran kepengurusan partai hasil Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Sedianya, pendaftaran pengurus dilakukan pada Senin (8/3/2021).

Kader Demokrat KLB Sumut Hencky Luntungan mengatakan, pendaftaran akan dijadwal ulang. Pendaftaran akan dilakukan pada Selasa 9 Maret 2021.

"Kami masih penertiban administrasi dulu. Tapi kalau nggak jadi hari ini, kemungkinan besok ya," jelas Hencky, Senin (8/3/2021).

Sebelumnya Partai Demokrat KLB Sumut yang memilih Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko sebagai ketua umum akan mendaftarkan kepengurusannya pada Senin ini, 8 Maret 2021.

"Besok kami daftarkan, Senin kami daftar," ucap Politikus Demokrat KLB Sumut Max Sopacua kepada Liputan6.com, Minggu (7/3/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.