Sukses

Tersangka Dugaan Korupsi Bank Jatim Andi Pramono Ajukan Praperadilan 

Melalui Praperadilan tersebut sekaligus memohon Hakim Pemeriksa Pengadilan Negeri Surabaya untuk menguji upaya pencegahan ke luar negeri, penahanan, serta penggeledahan yang dilakukan Kejaksaan Tinggi Jawa Timur.

Liputan6.com, Surabaya - Seorang tersangka dugaan korupsi Bank Jatim Andi Pramono, mengajukan gugatan praperadilan. 

Ketua Tim Kuasa Hukum Andi Pramono, Antonia D.C.C Soares menyatakan, permohonan praperadilan telah didaftarkan pada pekan lalu dengan Nomor: 6/Pid.pra/2021/PN.Sby di Pengadilan Negeri Surabaya.

"Praperadilan ini untuk menguji keabsahan penetapan status tersangka yang ditetapkan Tim Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Jawa Timur terhadap Andi Pramono berdasarkan Surat Penetapan Tersangka Nomor: KEP-129/M.5/Fd.1/12/2020 yang diterbitkan sejak 21 Desember 2020," katanya di Surabaya, Minggu (14/3/2021) seperti dikutip dari Antara.

Melalui Praperadilan tersebut sekaligus memohon Hakim Pemeriksa Pengadilan Negeri Surabaya untuk menguji upaya pencegahan ke luar negeri, penahanan, serta penggeledahan yang dilakukan Kejaksaan Tinggi Jawa Timur terhadap Andi Pramono sebagaimana diatur dalam Pasal 77 Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

Dalam dugaan perkara korupsi kredit fiktif senilai Rp 100 miliar di Bank Jatim Cabang Kepanjen Malang, Andi Pramono bertindak sebagai kreditur. 

Kejaksaan Tinggi Jawa Timur juga menetapkan tiga orang lainnya sebagai tersangka, yaitu mantan Kepala Bank Jatim Cabang Kepanjen Ridho Yunianto, karyawan Bank Jatim bagian penyedia kredit Edhowin Farisca Riawan dan Koordinator Debitur Dwi Budianto. 

Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur Mohammad Dofir saat dikonfirmasi menyatakan fakta-fakta persidangannya nanti akan terungkap di pengadilan.   

"Nantinya sidang kan digelar secara terbuka, kita lihat fakta sidangnya saja," ucapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Awal Kasus

Perkara korupsi ini berawal dari proses realisasi kredit yang dikucurkan Bank Jatim Cabang Kepanjen, Malang, kepada 10 kelompok debitur pada kurun waktu 2017 hingga September 2019. Tercatat masing-masing kelompok debitur berjumlah tiga hingga 24 anggota. 

Penyidik Kejaksaan Tinggi Jawa Timur menilai keempat tersangka korupsi Bank Jatim saling bekerja sama untuk merealisasikan kredit tersebut, meski proses pengajuannya tidak ada satupun yang memenuhi ketentuan.

Modusnya dengan meminjam nama- nama orang lain untuk menerima kredit sehingga seolah-olah persyaratan kredit yang diajukan oleh debitur semuanya telah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Oleh karena proses pengajuan yang tidak layak, akibatnya kredit yang telah dikucurkan tidak terbayar dan angsurannya dinyatakan macet. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.