Sukses

Jumlah Keberangkatan dari Bandara Juanda Meningkat 11 Persen

Jumlah penumpang harian pun naik dari 14 ribu penumpang di pekan pertama menjadi 15 ribu penumpang per har.

Liputan6.com, Surabaya - Pengelola Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur, mencatatkan pertumbuhan jumlah penumpang sebanyak 11 persen pada pekan kedua bulan Maret 2021. 

General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Kicky Salvachdie dalam keterangan tertulis di Sidoarjo, Senin, mengatakan pada pekan pertama atau tanggal 1 hingga 7 Maret, Bandara Juanda melayani sebanyak 99.248 orang penumpang.

"Sementara pada pekan kedua atau tanggal 8 hingga 14 Maret tercatat 110.073 orang penumpang datang dan berangkat dari Bandara Juanda atau naik 11 persen," ujarnya.

Ia mengemukakan penumpang kedatangan masih mendominasi jumlah tersebut. Komposisinya sekitar 53 persen penumpang datang dan 47 persen penumpang berangkat, dilansir dari Antara.

"Jika di rata-rata, jumlah penumpang harian pun naik dari 14 ribu penumpang di pekan pertama menjadi 15 ribu penumpang per hari pada pekan kedua. Jumlah penumpang harian tertinggi sepekan lalu terjadi pada Kamis (11/3) yakni 18.489 penumpang," ujarnya.

Kicky mengatakan pertumbuhan juga terjadi untuk pergerakan pesawat yang meningkat 3 persen dari periode pekan sebelumnya.

"Sebanyak 1.141 pesawat telah dilayani pada periode pekan lalu sedangkan pada periode pekan sebelumnya atau pekan pertama Maret jumlah penerbangan sebanyak 1.103 pesawat," tukasnya.

Ia mengatakan untuk pergerakan pesawat harian tertinggi mencapai 181 pesawat pada tanggal 10 Maret dengan rata-rata harian pada hari-hari sebelumnya hanya mencapai 160 pergerakan pesawat.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengoperasian 10 Gate

Menurut Kicky, meski berdasarkan Level of Service dan implementasi protokol kesehatan dalam perhitungan kapasitas bandara khususnya terminal penumpang terpenuhi, namun terjadinya pertumbuhan penumpang telah diantisipasi.

"Salah satu kebijakan yang dilakukan adalah dengan mengoperasikan 10 gate dan ruang tunggu keberangkatan pada jam sibuk yaitu pukul 06.00 WIB hingga 13.00 WIB, hal ini juga sebagai upaya mengatasi bila terjadi delayed karena faktor cuaca," ujarnya.

Pihaknya juga melakukan pengetatan pengawasan implementasi protokol kesehatan serta melakukan announcement setiap 10 menit mengenai imbauan pelaksanaan 5M protokol kesehatan.

Sementara itu, selama Bulan Januari hingga Februari tercatat sejumlah 768.287 penumpang penerbangan yang dilayani Bandar Udara Internasional Juanda.

"Kemudian untuk jumlah pergerakan pesawat mencapai 9.166 pesawat dan pelayanan kargo mencapai 10.873.009 kilogram," ucapnya.

Menurut Kicky pihaknya tetap optimistis bahwa pertumbuhan penumpang akan terus berjalan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.