Sukses

Upaya Bupati Ipuk Promosikan Produk UMKM Banyuwangi

Tidak hanya foto dan video, Pemkab juga menyiapkan model atau talentanya. Materi-materi endorsement ini digarap fotografer dan videografer profesional.

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, memfasilitasi pembuatan foto dan video promosi untuk ratusan produk UMKM secara gratis sebagai upaya mendongkrak branding pelaku UMKM setempat agar pemasarannnya lebih luas dan efektif.

"Jadi, pemulihan ekonomi untuk UMKM di Banyuwangi memang kami gempur dari berbagai sisi. Dari sisi branding, kami fasilitasi foto dan video promosi gratis," ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas di Banyuwangi, Selasa, 16 Maret 2021.

Tidak hanya foto dan video, lanjut dia, pemerintah daerah juga menyiapkan model atau talentanya. Materi-materi endorsement ini digarap fotografer dan videografer, dan hasilnya dipakai gratis oleh UMKM, dilansir dari Antara.

"Selain dari sisi branding, kapasitas nanti juga akan digempur dengan pembelajaran atau pelatihan, sertifikasi, inkubasi UMKM, bantuan alat usaha, dan jembatan ke akses modal murah.

"Pekan depan kami juga luncurkan Teman Usaha Rakyat, semacam satuan tugas (task force) pendamping UMKM naik kelas," kata Bupati Ipuk.

Mengenai fasilitasi foto dan video gratis, menurut dia, akan dibagi menjadi beberapa tahap. Tahap pertama akan digelar pada 20-21 Maret 2021, dengan ratusan produk makanan-minuman kemasan, fashion, dan kriya dalam acara yang diberi nama "Banyuwangi Endorsement Week".

"Tahap berikutnya untuk makanan rakyat di depot, warung, rumah makan. Tim yang akan datang ke sana untuk membikin foto dan video gratis," tuturnya.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pentingnya Gambar Produk

Bupati Ipuk menjelaskan bahwa foto dan video promosi produk UMKM gratis ini akan mampu menunjang promosi produk UMKM.

"Kalau di layar handphone, apa yang tampak menarik di layar konsumen itulah yang akan memikat hati. Maka kami fasilitasi gratis foto dan video produk untuk menaikkan kualitas branding teman-teman UMKM," ujarnya.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Banyuwangi Budi Santoso mengatakan seri pertama "Banyuwangi Endorsement Week" ini mengundang pelaku UMKM untuk mengirimkan sampel produk terbaiknya paling lambat 18 Maret 2021 mendatang.

"Batch pertama ini khusus untuk produk berupa makanan-minuman dalam kemasan, fesyen, kriya, maupun produk lain yang tahan lama. Per hari ini sudah sangat banyak yang mendaftar. Keterangan dan mekanisme detail bisa dilihat di media sosial Pemkab Banyuwangi," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.