Sukses

7 Wisata Banyuwangi Dekat dengan Selat Bali, Nikmati Keindahan Baharinya

Liputan6.com, Jakarta Banyuwangi merupakan daerah yang dilewati wisatawan dari Pulau Jawa menuju pulau Bali. Untuk bisa menuju pulau Bali melalui jalur darat, wisatawan perlu menyeberangi Selat Bali dari pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Ini membuat Banyuwangi kerap jadi persinggahan para wisatawan.

Jika kamu hendak ke Bali atau usai berlibur di pulau Dewata, kamu bisa mencoba singgah di salah satu destinasi Banyuwangi yang tak kalah indah. Ada sejumlah tempat wisata yang bisa dinikmati di pesisir Selat Bali. Wisata Banyuwangi dekat Selat Bali ini didominasi oleh pantai dan bahari.

Dari tempat-tempat ini kamu bisa menikmati indahnya Selat Bali. Jika beruntung, kamu bahkan bisa melihat Pulau Bali dari bibir pantai. Berikut wisata Banyuwangi yang dekat dengan Selat Bali, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (18/03/2021).

2 dari 8 halaman

Pantai Watudodol

Pantai Watudodol berada kurang lebih 7 km dari Pelabuhan Ketapang atau sekitar 10 menit jika ditempuh dengan kendaraan pribadi. Pantai ini berada di Dusun Bangsring, Kecamatan Wonosorejo, Banyuwangi. Pantai Watudodol berada di perbatasan antara Banyuwangi dan Situbondo.

Dinamai Watudodol karena terdapat batu karang besar yang berada tepat di pinggir pantai. Batu karang ini berukuran panjang mirip dengan dodol. Pantai Watudodol merupakan pantai yang tidak berpasir, melainkan dipenuhi koral dan karang. Ombak di pantai ini terbilang cukup besar, sehingga pengunjung dilarang untuk berenang.

3 dari 8 halaman

Pantai Cacalan

Pantai Cacalan berlokasi kurang lebih 6 km dari Pelabuhan Ketapang atau sekitar 12 menit perjalanan dengan kendaraan pribadi. Pantai Cacalan terletak di Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Pantai ini memiliki hamparan pasir hitam dengan ombak yang tidak terlalu besar.

Pantai Cacalan menyuguhkan panorama Selat Bali dengan Pulau Bali dari kejauhan. Fasilitas di pantai ini juga tergolong lengkap mulai dari kuliner hingga area bermain.

4 dari 8 halaman

Pantai Dermaga Cinta

Wisata Pantai Dermaga Cinta berada di belakang Hotel Ketapang Indah. Pantai Dermaga Cinta berjarak sekitar 2.4 km dari Pelabuhan Ketapang dan bisa ditempuh dalam waktu 6 menit dengan kendaraan pribadi.

Di sini terdapat sebuah jembatan yang mengarah ke laut lepas. Jembatan ini hanya bisa dikunjungi oleh para tamu hotel. Namun, kamu masih bisa tetap menikmati keindahan pantai ini dengan bebas. Dari pantai ini kamu bisa menyaksikan kapal dan perahu yang berlalu lalang, serta indahnya Selat Bali.

5 dari 8 halaman

Pantai Boom

Pantai Boom merupakan salah satu pantai kebanggaan warga Banyuwangi. Pantai ini dulunya adalah pelabuhan yang kini sudah mulai berkurang aktivitasnya. Pantai Boom berjarak kurang lebih 10 km dari pelabuhan Ketapang dan bisa ditempuh selama 23 menit dengan kendaraan pribadi.

Dari bagian timur pantai, kamu bisa menikmati indahnya pulau Bali. Fasilitas di pantai ini juga tergolong lengkap dan sangat ramah wisatawan.

6 dari 8 halaman

Bangsring Underwater

Wisata Banyuwangi dekat Selat Bali yang tak kalah indah adalah Wisata Bawah Laut Bangsring. Bangsring Underwater atau Wisata Bawah Laut Bangsring merupakan lokasi wisata di mana kamu bisa melakukan berbagai aktivitas laut seperti snorkeling, berenang dengan hiu, atau berfoto di bawah laut.

Bangsring Underwater berada kurang lebih 12 km dari Pelabuhan Ketapang, dengan waktu kurang lebih 19 menit perjalanan. Di sini kamu juga bisa menikmati Pantai Bangsring yang asri dan eksotis. Di sini juga terdapat rumah apung yang bisa dikunjungi. Dari rumah apung ini kamu bisa memberi makan ikan, melihat bayi hiu, hingga melihat ikan yang berwarna warni.

7 dari 8 halaman

Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan merupakan sebuah pulau kecil yang berada di tengah Selat Bali. Pulau ini bisa ditempuh dengan kapal sewaan dari pantai-pantai di pesisir Banyuwangi. Jarak terdekat untuk sampai ke Pulau Tabuhan yaitu dari Pantai Bangsring.

Pulau Tabuhan memiliki pesona alam yang luar biasa indah. Di sini pengunjung bisa melakukan penyelaman, snorkeling, keliling pulau, atau bersantai di pinggir pantai. Pulau Tabuhan menjadi wisata bahari yang makin populer di Banyuwangi.

8 dari 8 halaman

Bukit Sewu Sambang

Selain pantai dan wisata bahari, tak jauh dari Pelabuhan Ketapang kamu juga bisa menemukan sebuah bukit yang indah. Bukit ini bernama Bukit Sewu Sambang dengan ketinggian 200 mdpl. Dari bukit ini kamu bisa menyaksikan panorama luar biasa indah dari Selat Bali dan juga Pulau Bali.

Bukit Sewu Sambang berlokasi di Papring, Wangkal, Kalipuro, Banyuwangi. Bukit ini bisa ditempuh dalam waktu 17 menit dari Pelabuhan Ketapang dengan jarak kurang lebih 6 km. Bukit Sewu Sambang relatif mudah dijangkau, namun hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua.