Sukses

VIDEO: Selain Nasi Krawu, Sego Menir di Gresik Bikin Penasaran

Liputan6.com, Jakarta Tidak hanya terkenal dengan menu nasi krawunya, tapi di Gresik, Jawa Timur, juga memiliki menu legendaris lainnya yakni sego atau nasi menir. Kudapan berkuah sayur kangkung dan krai ini sudah ada, sejak dahulu kala dan masih digemari para pecinta kuliner saat ini. Salah satu penjual kuliner legendaris sego menir yakni Warung Bu Marjani di Jalan Nyai Ageng Pinatih, Kota Gresik, yang hingga kini masih bertahan melayani pelanggan. Berikut kita simak pemberitaannya pada Fokus, (19/3/2021).

Tidak lengkap rasanya, jika berkunjung ke Kabupaten Gresik, Jawa Timur, tidak mencicipi menu legendaris satu ini, nasi menir atau sego menir yang konon sudah bertahan hingga tiga turunan.

Salah satu penjual legendaris sego menir yakni, Bu Marjani, Jalan Nyai Ageng Pinatih, Kota Gresik, yang hingga kini masih bertahan melayani pelanggan. Kekhasan kudapan ini yakni, sayur bening kangkung dimasak dengan krai, sejenis mentimun sehingga sangat cocok untuk menu makan siang.

Disebut sego menir, karena nasi yang digunakan merupakan beras halus, berbeda dengan beras pada biasanya. Kuliner sego menir semakin lezat bersanding lauk belut bali, ditambah dengan pendamping sambal mangga. Jika Anda tidak suka dengan belut, masih ada lauk lainnya telur ikan bader, dijamin bisa membuat lidah Anda ketagihan.

“Suka sayur menirnya itu segar, sehingga siang-siang seperti ini, makan sego menir yang khas Gresik ditambah bali belutnya itu badan enak,” ungkap Tajuddin, Penggemar Sego Menir.

Fadia penjual kuliner sego menir mengaku, dalam sehari bisa menghabiskan 150 porsi. Pelanggan yang datang tidak hanya dari Gresik, melainkan juga dari sejumlah wilayah, seperti Surabaya, Lamongan dan juga Sidoarjo. Untuk bernostalgia dengan masakan tradisional tempo dulu.

Untuk bisa menikmati kuliner sego menir, Anda cukup merogoh kocek mulai Rp 7.000 hingga Rp 18.000, tergantung lauk yang Anda inginkan.