VIDEO: Tilang Elektronik Diujicoba di Tulungagung

VIDEO: Tilang Elektronik Diujicoba di Tulungagung

Tilang berbasis sistem elektronik mulai diujicobakan di Tulungagung sejak hari Kamis (18/3). Terdapat tiga pelanggaran lalu lintas yang dapat terdeteksi, yakni tidak menggunakan helm, melanggar marka jalan, dan menerobos lampu merah. Nantinya surat tilang akan dicetak beserta bukti foto dan dikirim ke rumah pelanggar melalu jasa kantor pos.

Sementara di Tulungagung, Jawa Timur, polisi lalu lintas menggelar pengujian ETLE di satu titik, di Simpang Empat Tamanan. Ada dua unit kamera telah disiapkan untuk memantau para pengguna jalan dari arah timur serta barat dan beroperasi selama 24 jam, mendeteksi pelanggaran marka jalan dan penerobos lampu merah, sekaligus pendeteksi otomatis pengendara tanpa helm.

"Yang tertangkap oleh kamera langsung terekam pelanggarannya dan petugas di sini hanya melakukan verifikasi, sebagai verifikator memastikan bahwa memang betul-betul adalah pelanggaran," terang AKP Aristianto Budi Sutrisno, Kasatlantas Polres Tulungagung.

Dalam masa uji coba, pelanggar hanya diberikan surat teguran disertai foto bukti pelanggaran yang dilakukannya. Demikian diberitakan pada Fokus, (19/3/2021).

Ringkasan

Oleh Didi N pada 20 March 2021, 14:45 WIB

Video Terkait

Spotlights