Sukses

Persiapan Dinkes Malang Vaksinasi Covid-19 Lansia Sistem Drive Thru

Pemkot Malang akan menggelar vaksinasi Covid-19 bagi lansia dengan sistem Drive Thru pada 1 April 2021 mendatang, bertepatan dengan HUT Kota Malang ke 107.

Liputan6.com, Surabaya - Pemkot Malang akan menggelar vaksinasi Covid-19 bagi lansia dengan sistem Drive Thru pada 1 April 2021 mendatang, bertepatan dengan HUT Kota Malang ke 107.

Kepala Dinkes Kota Malang Husnul Muarif mengatakan, hasil dari survei yakni memetakan titik-titik tahapan mulai dari sepanjang Jalan Gajahmada hingga Jalan Sultan Agung.

"Titiknya mulai dari depan sana (Jalan Gajahmada) untuk titik registrasi dan titik screening. Kemudian di sini (pertigaan Jalan Sultan Agung) titik vaksinasinya. Terakhir di sepanjang Jalan Sultan Agung ini untuk titik observasi," ujar Husnul, Sabtu (20/3/2021) dikutip dari TimesIndonesia.

Untuk jalan menuju arah stasiun Kota Baru Malang (di pertigaan Jalan Sultan Agung) nantinya saat pelaksanaan vaksinasi Drive Thru akan dilakukan penutupan sementara.

"Jadi dikoordinasikan dengan Satpol PP dan Dishub. Nanti ini tidak ada yang masuk sudah, jadi sana (arah menuju Stasiun) sudah ditutup ya," ungkapnya.

Sehingga, nantinya untuk para lansia yang sudah melakukan observasi bisa langsung keluar menuju arah Kertanegara ke bundaran Tugu Kota Malang. "Jadi nanti setelah divaksin dan observasi selesai, keluarnya ke arah mutar tugu situ (sepanjang jalan Sultan Agung)," katanya.

Sistem Drive Thru sendiri, kata Husnul, nantinya para pengendara tak perlu lagi turun dari kendaraan, termasuk roda empat (mobil). Nantinya pelaksanaan dari setiap tahap bisa dilakukan langsung didalam mobil, termasuk roda dua pun tak perlu lagi turun dari kendaraan.

"Kendaraan masuk roda dua dan empat ya. Jadi sasarannya nanti tidak keluar dari mobil. Meriksanya juga di dalam mobil, termasuk vaksinasi dan observasi ya. Jadi memang harus steril," paparnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Antisipasi Cuaca

Untuk antisipasi saat cuaca tak mendukung (hujan). Nantinya pihak Dinkes Kota Malang bakal menyiapkan tenda di masing-masing titik. Mulai tenda pendaftaran, screening, vaksinasi hingga observasi.

"Nanti kan Drive Thru ya, jadi sudah di dalam mobil. Masing-masing titik juga kita siapkan tenda ya untuk para petugas juga," imbuhnya.

Selain itu, disebutkan Husnul, untuk waktu pelaksanaan sendiri yang akan dimulai pada 1 April mendatang bagi para lansia. Dipastikan sistem Drive Thru tersebut akan dilaksanakan sekitar empat jam.

"Waktunya menyesuaikan, ya pelaksanaan (Vaksinasi Covid-19) mungkin maksimal empat jam ya per hari. Perkiraan disini nanti juga kita sesuaikan arahan pak wali, ini kan juga jalan umum ya. Masih belum tahu berapa hari akan dilakukan di sini," pungkas Kepala Dinkes Kota Malang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.