VIDEO: Sungai Tambak Wedi Tercemar Limbah Busa Putih, Nelayan Tidak Terganggu

VIDEO: Sungai Tambak Wedi Tercemar Limbah Busa Putih, Nelayan Tidak Terganggu

Gunungan busa menyerupai salju di Sungai Tambak Wedi, Kenjeran, Surabaya akibat tercemar limbah. Diketahui limbah tersebut menimbulkan pencemaran mikro plastik di perairan di Kali Tambak Wedi. Dalam penelitian Ecoton, Aktivis Lingkungan, dan Mahasiswa, Sungai Tambak Wedi tercemar limbah rumah tangga, deterjen. Para nelayan mengaku sudah terbiasa akan hal ini dan tidak menggangu aktivitasnya dalam mencari ikan.

Dugaan pencemaran lingkungan juga terjadi di Tambak Wedi, Kenjeran, Surabaya, permukaan air tampak tertutup busa putih tebal. Aktivis lingkungan di Surabaya, mahasiswa, hingga Yayasan Ecological Observation and Waste Land Conservation (Ecoton) telah melakukan penelitian mikro plastik dan uji kualitas air yang terpapar limbah rumah tangga. Hasilnya, air Sungai Tambak Wedi tercemar deterjen.

"Kualitas air di Tambak Wedi ini, dan menurut hasil perhitungan dari standarnya ini sangat-sangat luar biasa, hampir 2 sampai 3 kali lipat tidak layak untuk lingkungan hidup, dan efeknya ini akan merusak ekosistem yang ada di dalam sungai tersebut," terang Faisol Mardiono, Aktivis Lingkungan Mupalas.

Sejumlah nelayan mengaku telah terbiasa dengan kondisi seperti ini. Nelayan juga menyatakan tidak terganggu terkait ikan hasil tangkapan mereka.

Sejumlah aktivis lingkungan mendesak Pemerintah Kota Surabaya menyediakan kanal-kanal pengolahan air, sebelum air masuk ke muara. Demikian seperti dilansir pada Fokus, (20/3/2021).

Ringkasan

Oleh Didi N pada 21 March 2021, 16:16 WIB

Video Terkait

Spotlights