Sukses

Satgas Covid-19 Probolinggo: Vaksin Astrazeneca Aman dan Efektif

Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo Dewi Vironica menegaskan, vaksin Astrazeneca aman dan efektif.

Liputan6.com, Surabaya - Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo Dewi Vironica menegaskan, vaksin Astrazeneca aman dan efektif.

"Intinya vaksin Astrazeneca aman dan efektif. Semua tindakan medis, pemberian obat-obatan dan vaksinasi pasti tidak lepas dari efek samping,” kata Dewi, Senin (22/3/2021) dikutip dari TimesIndonesia.

Namun, tetap dalam kondisi tertentu asalkan manfaat yang didapat lebih besar daripada risikonya, maka vaksin dapat tetap diberikan.

“BPOM sudah menjelaskan bahwa manfaat pemberian vaksin tersebut lebih besar dibandingkan dengan risiko yang ditimbulkan serta aman dan efektif. Sehingga vaksin AstraZeneca sudah dapat mulai digunakan. WHO dan EMA juga sudah menyatakan bahwa vaksin Covid-19 AstraZeneca aman,” katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Herd Imunity

“Mari kita dukung ikhtiar pemerintah ini untuk mensukseskan program vaksinasi Covid-19, agar pengendalian pandemi ini segera berhasil. Tetap jalankan protokol kesehatan untuk lindungi diri dan orang-orang tersayang di sekitar kita. Salam sehat selalu,” sambung Dewi.

Manfaat pemberian vaksin dinilai lebih besar antara lain mengurangi risiko Covid-19 bergejala, menekan angka kematian, mengurangi risiko penularan serta efek jangka panjang, jika lebih dari 70 persen populasi tervaksinasi maka dapat membentuk herd imunity untuk pengendalian pandemi Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.