Sukses

Buaya Muncul di Sawah Warga Bojonegoro, Milik Siapa?

Muncul buaya air tawar di area persawahan dekat rumah warga di Desa Jono, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro.

Liputan6.com, Bojonegoro - Seekor buaya itu terlihat tak berdaya setelah ditangkap dari area persawahan dekat rumah warga di Desa Jono, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Rabu (24/3/2021).

Petugas dari pemadam kebakaran (damkar) mengikat buaya tersebut dengan tali berwarna biru. Bukan tanpa alasan, dilumpuhkannya buaya tersebut karena muncul secara tiba-tiba, sehingga bikin kaget warga.

"Jam 6.50 WIB tadi kita menerima telfon dari warga, adanya buaya di sawah," kata Ahmad Adi Winarko, Kabid Pemadaman dan Penyelamatan di Kantor Dinas Damkar Kabupaten Bojonegoro.

Setelah mendapati telfon itu, pada jam 6.58 WIB pihaknya yang terdiri dari 3 orang petugas kemudian menuju lokasi keberadaan buaya jenis air tawar (Crocodylus Novaeguine) itu dilaporkan.

Menurutnya, buaya sepanjang kira-kira 1 meter itu masih anakan. Sehingga petugas dapat mudah mengevakuasi buaya dari area persawahan.

"Proses evakuasi menggunakan tali dan glangse (karung, red)," kata Adi, sapaannya.

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Milik Siapa?

Adi menyampaikan, pihaknya kini masih mencari apakah buaya tersebut milik warga ataukah buaya liar. Dilihat dari lokasi sekitar penangkapan, dia bilang tidak adanya sungai besar.

"Mestinya ada yang memiliki ini, nanti kita cari dulu, kira-kira liar atau peliharaan orang," terangnya.

Lebih lanjut, Adi menyatakan, kemunculan anakan buaya ini apabila liar maupun milik orang akan tetap ditampung terlebih dahulu. 

"Akan kita tampung untuk kita serahkan ke BKSDA di Banjarsari," dia memungkasi.

Diketahui, sekarang ini buaya tersebut masih hidup dan masih berada atau ditampung terlebih dahulu di kantor Dinas Damkar Kabupaten Bojonegoro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.