Sukses

Sungai di Bojonegoro Meluap, Dua Desa Ini Dapat Banjir Kiriman

Pihaknya mendata, ada sebanyak 15 rumah di Dusun Begodo, Desa Sumberagung, yang kondisinya parah karena terendam total.

Liputan6.com, Bojonegoro - Sungai Kalicilik di Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, bagian barat meluap. Akibatnya, dua desa mendapat banjir kiriman secara tiba-tiba, yakni Dusun Begodo, Desa Sumberagung dan Desa Ngraho, Kecamatan Ngraho.

Kalaksa BPBD Kabupaten Bojonegoro Ardhian Orianto menyampaikan, adanya hujan deras pada Kamis malam (25/3/2021), sebelum sungai Kalicilik itu meluap hingga membanjiri daerah tersebut.

Pihaknya mendata, ada sebanyak 15 rumah di Dusun Begodo, Desa Sumberagung, yang kondisinya parah karena terendam total. Sementara yang di Desa Ngraho tepatnya di Jalan Bojonegoro-Ngawi kondisinya terendam sekitar 100 meter.

"Dua daerah ini kena luapan dengan ketinggian air mencapai 50 sampai 60 centimeter," terang Ardhian, sapaan Kalaksa BPBD Kabupaten Bojonegoro.

Dia menjelaskan, tidak ada korban jiwa dari kejadian banjir ini. Hanya saja masyarakat di wilayah tersebut banyak yang terdampak karena area persawahan mereka juga ikut kebanjiran.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BPBP Datangi Lokasi

Menurut Ardhian, sejumlah pihak antara lain dari pihak TNI-Polri, Satpol PP, Banser Bojonegoro dan masyarakat sekitar turut serta memonitor perkembangannya.

"Tim BPBD sendiri mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan Assesment pendataan dampak dari banjir luapan," terangnya.

Lebih lanjut, Ardhian menyampaikan, bahwa sekarang ini kondisi banjir berangsur-angsur surut. Utamanya di area pemukiman penduduk.

Sebatas diketahui, dari kejadian ini belum bisa kalkulasi berapa kisaran jumlah kerugian materiil yang dialami oleh masyarakat terutama yang sawahnya kebanjiran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.