VIDEO: Penangkaran Murai Albino, Pemuda di Gresik Ini Raup Ratusan Juta

VIDEO: Penangkaran Murai Albino, Pemuda di Gresik Ini Raup Ratusan Juta

Berawal dari hobi, pemuda di Gresik sukses menangkarkan burung murai albino atau murai putih. Yakni jenis murai yang mengalami kelainan genetik. Memiliki warna indah dan eksotik. Murai albino termasuk jenis primadona langka, dengan suara kicau indah dan bernilai ratusan juta rupiah.

Selain murai albino, pehobi murai asal Gresik ini juga sukses menangkar murai batu jenis lain. Bahkan seekor murai peliharaannya yang bernama bima sakti, sempat menjuarai Piala Presiden dan sempat ditawar Rp 600 juta untuk digunakan sebagai indukan di penangkaran. Berikut seperti dilansir pada Fokus, (24/3/2021).

Inilah penangkaran burung murai batu albino, milik Bagus Haraq Satria (32), warga Desa Jambu, Semampir, Kabupaten Gresik. Memanfaatkan lantai 2 rumahnya, terdapat enam unit kandang, dua di antaranya khusus untuk perawatan dan pemeliharaan.

Berawal dari hobi dan ketekunannya, Bagus kini mampu meraup untung hingga ratusan juta rupiah. Sepasang murai albino anakan yang berumur 1,5 bulan atau 45 hari laku terjual Rp 150 juta.

Untuk merawat burung jenis ini membutuhkan kesabaran ekstra, karena jenis murai yang memiliki kelainan genetik sangat sensitif, perlakuan khusus yakni memperhatikan pola makan, jenis makanan serta pemberian nutrisi, hingga kebersihan lingkungan kandang harus benar-benar diperhatikan.

Jenis murai albino dominan berwarna putih, bintik hitam dan butuh waktu setahun untuk menghasilkan telur. Namun keturunan dengan corak warna albino yang indah dan eksotik, baru bisa terjadi pada anakan keempat dan seterusnya.

"Kelebihan albino ini, dari segi warna memang beda, kalau perawatannya itu lebih sensitif, pakan sama pemeliharaannya itu lebih sensitif, suara yang dihasilkan sama, harga jual lebih mahal albino," terang Bagus Haraq Satria, Penangkar Murai Albino.

Selain murai albino, pehobi murai asal Gresik ini juga sukses menangkar murai batu jenis lain. Bahkan seekor murai peliharaannya yang bernama bima sakti, sempat menjuarai Piala Presiden, dan sempat ditawar Rp 600 juta untuk digunakan sebagai indukan di penangkaran.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 27 March 2021, 10:26 WIB

Video Terkait

Spotlights